7 Aplikasi Backup Data Android Terbaik 2019

Aplikasi Backup Data Android – Membackup data atau file android penting untuk dilakukan. Hal ini sangat berguna jika suatu saat file dan data di android hilang atau terhapus, baik secara sengaja atau pun tidak. Selain itu, ini juga mejadi cara mengamankan data ketika HP hilang atau ganti HP baru. Kecerobohan seseorang terkadang membuat HP-nya hilang entah kemana, apakah itu dicuri orang atau ketinggalan disuatu tempat.

Melakukan backup data android sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara membackup data di android paling mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dirancang khusus untuk bisa melakukan backup data dengan fitur yang dihadirkan di dalamnya.

Baca Juga:

Aplikasi semacam ini bisa kamu temukan dengan mudah di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis pastinya. Tetapi perlu diingat, pilih aplikasi backup data android yang memang benar-benar aman dan terpercaya. Jangan sampai data penting kamu bocor dan akhirnya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mengenai pilihan aplikasi backup data android terbaik bisa kamu ketahui pada ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Backup Data Android Terbaik 2019

1. G Cloud Backup

Aplikasi backup data android terbaik dan aman yang pertama adalah G Cloud Backup. Aplikasi ini dirancang khusus sebagai tempat terbaik untuk mencadangkan berbagai jenis data android, mulai dari foto, video, dokumen, log panggilan, SMS, nomor kontak, pengaturan sistem dan lain sebagainya. G Cloud Backup menyediakan ruang pencadangan sebesar 1GB secara gratis bagi pengguna barunya.

Semua data android yang sudah dibackup bisa dengan mudah kamu restore ke perangkat HP lain nantinya. Tidak hanya dari memori internal, aplikasi G Cloud Backup juga bisa mencadangkan data dari memori eksternal. Di dalamnya juga tersedia fitur keamanan, di mana pengguna bisa memberi kata sandi untuk aplikasi tertentu. G Cloud Backup ini sendiri dibuat oleh Genie9 LTD yang sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store.

2. Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan cloud terbaik dari Google yang sudah digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, Google Drive menyediakan ruang pencadangan yang lebih luas yakni mencapai 15GB secara gratis. Tidak perlu khawatir data android akan dicuri, karena Google punya sistem keamanan yang sangat baik dalam melindungi data penggunanya.

Kamu hanya perlu menggunakan akun Google untuk bisa menggunakan aplikasi cloud terbaik di android satu ini. Berbagai file bisa kamu simpan atau cadangkan dengan mudah melalui aplikasi Google Drive, mulai dari file foto, video, audio, data chat dan lain sebagainya. Aplikasi satu ini sudah sangat populer dengan jumla downloadernya yang mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

3. Titanium Backup

Aplikasi Titanium Backup sangat cocok dipilih untuk smartphone android yang sudah diroot. Ya, Aplikasi Titanium Backup memang membutuhkan akses root HP android agar bisa menggunakannya. Meski begitu, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang pastinya sangat memudahkan para penggunanya.

Tersedia dalam 2 versi yakni Titanium Backup versi gratis dan Titanium Backup versi premium. Kedua versi tersebut tentu punya keunggulan yang berbeda, di mana versi premium fiturnya lebih lengkap. Berbagai jenis data dan file bisa dicadangkan dengan mudah melalui aplikasi Titanium Backup.

4. Super Backup & Restore

Aplikasi backup data android terbaik berikutnya yang tidak kalah bagus adalah Super Backup & Restore. Aplikasi satu ini diklaim mampu mencadangkan data yang cukup besar dengan sangat cepat. Selain mencadangkan data, aplikasi ini juga cepat dalam melakukan pemulihan atau restore data. Berbagai jenis file atau data bisa dicadangkan dengan mudah, mulai dari pesan, kontak, log panggilan kalender, bookmark dan lain sebagainya.

Tetapi untuk menggunakan aplikasi Super Backup & Restore ini kamu membutuhkan akses root pada HP android. Selaini itu, pastikan juga kamu sudah punya akun Google Drive, karena semua data cadangan nantinya akan disimpan di Google Drive. Menariknya lagi, melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan pencadangan data secara otomatis sesuai jadwal yang diatur sebelumnya.

5. App Backup Restore Transfer

Aplikasi App Backup Restore Transfer ini tidak hanya sekedar bisa melakukan pencadangan dan restore data android saja. Kamu juga memungkinkan untuk melalukan transfer data atau membagikannya dengan pengguna lain dengan sangat mudah dan cepat. Pencadangan data android bisa dilakukan dengan menyimpannya di memori eksternal atau sistem cloud online seperti Google Drive.

Di dalam aplikasi ini tersedia banyak sekali fitur menarik, salah satunya yakni fitur auto-bakcup. Fitur tersebut akan secara otomatis melakukan backup ketika ada pembaruan aplikasi atau data di android. Fitur lain yang tidak kalah menarik dari aplikasi ini di antaranya, fitur pemindah virus dan file APK, filter, modus malam dan lain sebagainya.

6. Google Photos

Sesuai dengan namanya, aplikasi backup di android satu ini berfungsi untuk membackup file foto di android. Tidak hanya foto saja, Google Photos juga memungkinkan untuk mencadangkan file video. Dikembangkan oleh Google, Google Photos menyediakan ruang yang tidak terbatas dan bisa digunakan secara gratis oleh penggunanya.

Di dalam aplikasi terdapat berbagai fitur menarik yang akan memanjakan penggunanya. Salah satunya adalah fitur backup otomatis. Selain itu, di dalamnya juga terdapat fitur editing foto dan juga fitur share jika ingin membagikannya.

7. App Backup and Restore – Easiest backup tool

Dan aplikasi backup data android terbaik yang terakhir adalah App Backup and Restore yang dikembangkan oleh VPN Master Labs. Aplikasi satu ini sangat mudah digunakan serta bisa dibilang paling cepat dalam melakukan pencadangan atau pemulihan data. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa menghapus file atau data cadangan dengan sangat mudah. File yang dicadangkan nantinya bisa disimpan dengan mudah di microSD.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi backup data android terbaik dan aman untuk digunakan. Install sekarang aplikasinya dan mulailah untuk mencadangkan data android kamu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?