7 Aplikasi AutoCad Android Terbaik 2019

Aplikasi AutoCad Android – AutoCad merupakan sebuah aplikasi khusus yang biasanya digunakan untuk merancang desain bangunan atau gambar desain lainnya secara digital. Sudah pasti aplikasi semacam ini sering digunakan oleh para arsitek atau Insinyur Sipil dalam menjalankan proyeknya. Umumnya aplikasi AutoCad tersedia untuk platform PC atau laptop, serta dengan dilengkapi fitur beragam.

Aplikasi AutoCad Android
Aplikasi AutoCad Android

Tetapi, di era modern sekarang ini aplikasi AutoCad juga tersedia untuk platform android. Untuk masalah penggunaan tidak jauh berbeda dengan AutoCad yang dibesut oleh AutoDesk di PC atau laptop. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan juga bisa dibilang cukup lengkap. Dengan aplikasi AutoCad di Android kamu juga bisa dengan mudah menciptakan desain bangunan atau yang lainnya dalam bentuk 2D ataupun 3D.

Baca Juga:

Satu lagi kelebihan dari aplikasi AutoCad android, yakni pengguna bisa menggambar atau merancang desain bangunan kapanpun dan dimanapun. Berbicara mengenai aplikasi AutoCad di HP android jumlahnya juga cukup banyak. Tidak semua aplikasi yang tersedia bagus untuk digunakan. Agar tidak bingung memilih, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi AutoCad di platform android terbaik yang bisa kamu gunakan.

7 Aplikasi AutoCad Android Terbaik 2019

1. AutoCAD – DWG Viewer & Editor

AutoCAD - DWG Viewer & Editor
AutoCAD – DWG Viewer & Editor

Pilihan aplikasi AutoCad di android paling bagus yang pertama adalah AutoCAD – DWG Viewer & Editor. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Autodesk Inc. dan sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store. Ini merupakan aplikasi resmi dari Autodesk yang sebelumnya sudah populer untuk versi PC-nya. Sama dengan versi PC, aplikasi AutoCAD ini mampu menciptakan objek dengan bentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi.

Aplikasi AutoCAD – DWG Viewer & Editor menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang berprofesi sebagai Arsitek, Insinyur Sipil, Ahli listrik, ahli mesin dan lain sebagainya. Tetapi sayangnya aplikasi AutoCAD – DWG Viewer & Editor tidak tersedia secara gratis. Akses gratis hanya tersedia selama 7 hari, setelahnya pengguna diharuskan untuk membayar.

2. Fusion 360

Fusion 360
Fusion 360

Berikutnya ada aplikasi bernama Fusion 360 yang juga tidak kalah menarik untuk digunakan. Fusion 360 sendiri merupakan aplikasi AutoCad yang berbasis cloud. Selain tersedia untuk platform PC, kamu juga bisa menginstall aplikasi di perangkat HP androidmu. Jika sudah menginstall, kamu perlu mendaftar akun Fusion 360 terlebih dahulu agar bisa menggunakannya.

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur yang sangat lengkap, kamu bisa dengan mudah merancang apapun yang ada dipikiranmu di dalam aplikasi ini. Tampilan antarmukanya terbilang cukup sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pemula sekalipun.

3. eDrawings

eDrawings
eDrawings

Kali ini ada aplikasi yang dikembangkan oleh SolidWorks yang diberi nama eDrawings. Dengan aplikasi ini akan memudahkan kita dalam merancang atau membuat suatu desain gambar yang keren dan profesional. Fitur-fitur di dalamnya sangat lengkap, kamu bisa membuat desain apapun dengan mudah dan cepat pastinya.

Hasil rancangan desain yang sudah kamu buat, nantinya juga bisa diambahkan efek 3D agar hasil yang didapat terlihat lebih sempurna. Aplikasi eDrawings sangat cocok untuk kamu yang masih pemula dan ingin belajar lebih mendalam tentang rancangan desain.

4. SketchUp Viewer

SketchUp Viewer
SketchUp Viewer

Pilihan aplikasi AutoCad untuk platform android terbaik berikutnya adalah SketchUp Viewer. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama Trimble Inc. dan juga menjadi salah satu aplikasi cukup populer digunakan. Aplikasi SketchUp Viewer juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, yang terbaru yakni fungsi animasi.

Saat membuat atau merancang sebuah desain, kamu juga bisa lebih mudah melihat mode dari berbagai sisi. Ini karena aplikasi SketchUp Viewer sudah mendukung beberapa gerakan untuk mempermudah penggunanya. Opsi kamera default juga tersedia, yakni memungkinkan pengguna melihat dari sisi atas, bawah dan juga samping. Tetapi perlu diingat, agar lebih lancar menjalankan aplikasi SketchUp Viewer ini, direkomendasikan HP androidmu sudah dibekali RAM 1GB ke atas.

5. GnaCAD

GnaCAD
GnaCAD

Bagi kalian yang mencari aplikasi AutoCad android yang dibekali dengan tampilan sederhana, GnaCAD bisa dijadikan pilihan. GnaCAD mengusung tampilan antarmuka yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami fitur-fiturnya. Tidak hanya cocok bagi para pemula, GnaCAD juga sering digunakan para profesional. 

Sama seperti aplikasi lainnya, GnaCAD juga bisa digunakan untuk menciptakan desain 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Pengguna juga bisa dengan bebas membuat berbagai objek dalam jumlah yang banyak, pasalnya aplikasi tersebut tidak memiliki batasan file. Kamu juga bisa menyimpan langsung hasil rancangan desain ke Google Drive sehingga tidak akan memakan banyak ruang di memori HP.

6. Planner 5D – Kreator Desain Interior & Rumah

Planner 5D - Kreator Desain Interior & Rumah
Planner 5D – Kreator Desain Interior & Rumah

Aplikasi berikutnya ini dikhususkan untuk kalian yang ingin membuat rancangan interior maupun eksterior rumah atau bangunan. Aplikasi Planner 5D sudah menyediakan berbagai fitur menarik untuk menunjang kegiatanmu dalam membuat sebuah desain. Tampilan hasil desain dibuat tampak lebih realistis dengan efek 2D atau 3D yang diterapkannya.

Setidaknya sudah ada sekitar 100 item untuk menunjang aktivitas merancang desain interior dan eksterior. Fitur lain juga dihadirkan untuk semakin memanjakan para penggunanya saat merancang desain. Salah satunya fitur Google Cardboard, fitur ini akan mampu membuat tampilan desain yang lebih realistis. Aplikasi ini sendiri juga punya tampilan antarmuka sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Pengunduhnya sudah ada lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

7. DWG FastView-CAD Plan Viewer

DWG FastView-CAD Plan Viewer
DWG FastView-CAD Plan Viewer

Dan yang terakhir ada aplikasi besutan dari Gstarsoft Co. Ltd. yang diberi nama DWG FastView-CAD Plan Viewer. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store ini juga  sangat mudah di gunakan. Pasalnya, Gstarsoft membekalinya dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan dengan fitur lengkap.

Membuat desain dalam bentuk 3D juga memungkinkan melalui aplikasi ini. Kamu juga bisa melakukan rotasi kamera dengan sudut mencapai 360 derajat. Dengan begitu kamu bisa melihat rancangan lebih detail. Aplikasi DWG FastView-CAD Plan Viewer sudah mendukung berbagai jenis file, mulai dari file DXF, DWG, DWS, DWT, OCF, BMP, DOC, DOCX, PDF, PNG, JPG, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi AutoCad terbaik di android yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?