Apa Itu Pop Up dan Apa Gunanya di HP Android? Ini Penjelasannya!

Apa Itu Pop Up dan Apa Gunanya – Android merupakan salah satu sistem operasi yang biasanya diterapkan di perangkat mobile. Namun, seiring berjalannya waktu android tidak hanya digunakan untuk perangkat mobile saja, melainkan untuk jenis perangkat lain seperti Smart TV atau yang lainnya. OS Android sudah hadir dalam beberapa versi, di mana setiap versi dibekali dengan fitur-fitur canggih yang akan memanjakan para penggunanya. Untuk saat ini versi paling baru dari OS Android adalah Android 11.

Apa Itu Pop Up dan Apa Gunanya
Apa Itu Pop Up dan Apa Gunanya

Salah satu keunggulan dari sistem operasi Android ini adalah antarmuka yang dihadirkan sangat ramah dengan pengguna. Tampilannya yang user friendly ini membuat pengguna awam pun bisa dengan mudah mengoperasikannya. Bahkan anak-anak di bawah umur sepertinya tidak kesulitan untuk memahami fitur-fitur dari smartphone android tersebut. Ditambah lagi dengan dukungan fitur canggih terbaru yang membuat HP android semakin diminati sekarang ini.

Baca Juga:

Berbicara mengenai fitur di android, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tampilan pop up. Mungkin kamu tahunya pop up adalah sebuah tampilan yang biasanya muncul di layar smartphone, bahkan berjalan di atas aplikasi lain yang sedang dijalankan oleh pengguna. Itu secara umum, bagaimana pengertian secara detailnya? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai apa itu pop up dan apa gunanya yang harus kamu pahami sebagai pengguna smartphone android.

Apa Itu Pop Up di HP Android?

Dari segi teknisnya, PopUp merupakan sebuah area tampilan yang biasanya berupa jendela kecil yang muncul di latar depan antarmuka visual. Pop Up juga memungkinkan untuk tetap muncul di atas aplikasi yang sedang kita jalankan. Pop Up ini muncul bisa dikarenakan 2 hal, yakni karena pengguna yang memunculkannya atau pop up muncul dengan sendirinya karena sudah diatur sebelumnya oleh pengguna.

Pop up ini sendiri biasanya ada di perangkat yang mendukung antarmuka berbasis GUI, termasuk juga android. Selain itu, pop up juga sering kita temukan di perangkat lain seperti PC atau laptop yang menjalankan Sistem Operasi Windows.

Beberapa aplikasi android terbaru sekarang ini juga sudah banyak yang menyematkan fitur pop up untuk memudahkan para pengguna. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp, di mana pop up bisa diaktifkan oleh pengguna melalui menu Pengaturan. Jika sudah diaktifkan, maka saat ada chat WA yang masuk di layar akan tampil pop up yang berupa isi pesan dan kolom untuk membalas chat secara langsung.

Pop up juga bisa kita temukan saat menekan tombol Power di smartphone agak lama atau selama beberapa detik. Di layar akan muncul pop up yang berisi pilihan tombol perintah, yakni tombol Restart, Matikan, dan Darurat. Atau juga saat membuka situs tertentu di browser, sering kali kita menemukan iklan yang tiba-tiba muncul di layar dan menutupi halaman situs tersebut. Ini juga bisa dinamakan pop up, lebih tepatnya iklan pop up.

Apa Kegunaan dari Pop Up di HP Android Tersebut?

Fungsi Pop Up
Fungsi Pop Up

Di internet banyak orang yang mencari apa itu pop up dan apa gunanya di smartphone android. Terlihat dari keyword yang keluar saat kita mengetikkan kalimat yang serupa dengan itu. Di atas sudah dijelaskan secara umum dan teknis apa pop up di android tersebut. Dan sekarang kita lanjut ke pembahasan kegunaan dari pop up tersebut.

Ada beberapa kegunaan dari pop up di perangkat mobile berbasis android, di antaranya:

1. Pop Up Dialog Box

Kagunaan pop up yang pertama di perangkat android adalah sebagai dialog box atau kotak tampilan yang berisi tulisan. Baik itu tulisan yang berisikan peringatan atau konfirmasi kepada pengguna android. Misalnya saja saat ada masalah crash saat pengguna menjalankan sebuah aplikasi, di layar akan muncul kotak dialog yang memberitahu kalau aplikasi sedang mengalami error.

Selain peringatan ketika terjadi masalah error, kotak dialog biasanya juga muncul sebagai notifikasi untuk pengguna. Misalnya saja saat kamu membuka aplikasi pengeditan foto dan lembar kerja belum disimpan. Kamu ingin langsung keluar dari aplikasi tersebut, maka aplikasi akan memberikan notifikasi untuk menyimpan lembar kerja terlebih dahulu sebelum keluar dari aplikasi.

Masih ada banyak lagi jenis pop up yang berfungsi untuk memberikan peringatan atau konfirmasi kepada pengguna ini. Yang pasti pop up semacam ini sangat berguna dan sama sekali tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

2. Pop Up Menu

Selain kotak dialog, fungsi lain dari pop up adalah untuk menampilkan menu tertentu di antarmuka android. Pop up jenis ini biasanya akan memberikan pilihan menu yang bisa dipilih oleh pengguna ketika ingin melakukan sesuatu. Sebagai contohnya saat kamu menekan tombol Power beberapa detik, maka akan muncul 3 menu utama yakni Restart, Matikan dan Darurat.

Selain itu, bisa juga saat kamu masuk ke menu Pengaturan Jaringan. Pada bagian pilihan jenis jaringan seluler, akan muncul pop up menu yang memungkinkan untuk dipilih oleh pengguna yakni menu jaringan 2G, 3G dan 4G LTE. Lebih gampangnya, pop up menu ini akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan smartphone android.

3. Pop Up Iklan

Fungsi pop up berikutnya yakni sebagai sarana untuk promosi atau pengiklanan. Kita tahu ada beberapa jenis iklan yang bisa ditemukan di browser ataupun aplikasi tertentu, salah satunya adalah jenis iklan pop up. Iklan jenis ini biasanya akan muncul dan melayang di layar, di mana munculnya secara tiba-tiba.

Selain itu, iklan pop up biasanya juga akan menutupi tampilan halaman di smartphone. Namun, disediakan tombol khusus untuk close atau mengeluarkan iklan pop up tersebut. Dengan demikian pengguna merasa tidak terlalu terganggu dengan adanya iklan yang muncul ini.

4. Pop Up Grafis

Dan yang terakhir adalah pop up yang sering muncul di dalam sebuah video game yakni pop up graphics atau grafis. Pop up jenis ini punya fungsi yang beragam di dalam sebuah video game. Salah satunya untuk memberikan informasi kepada pengguna sebagai clue untuk menyelesaikan permainan.

Penutup

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa itu pop up dan apa gunanya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini