5 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

48
Android Tidak Bisa Masuk Recovery
Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Android Tidak Bisa Masuk Recovery – HP android sudah ada banyak pilihan merek dan tipenya saat ini, kamu bisa membelinya dengan mudah melalui toko offline maupun online. Harga yang ditawarkannya pun bervariasi, mulai dari yang dibanderol dengan harga murah hingga mahal. Harga banderolnya ini disesuaikan dengan kualitas dan dukungan spesifikasi yang dibawanya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan HP android murah tidak bisa menghasilkan performa mumpuni. Banyak kok HP yang dijual dengan harga terjangkau, memiliki spesifikasi tinggi dan performa kinerja yang cepat.

Android Tidak Bisa Masuk Recovery
Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Mahal tidaknya harga HP android, hal ini tidak menutup kemungkinan ia mengalami masalah error. Misalnya saja HP mengalami bootloop, HP selalu restart sendiri, aplikasi sering keluar sendiri, atau bahkan HP mati total. Kerusakan memang bisa terjadi pada sistem hardware maupun software HP. Untuk soal permasalahan pada software, langkah perbaikan yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan reset HP. Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke Mode Recovery yang bisa diakses dengan cara menekan kombinasi tombol.

Baca Juga:

Berbicara mengena Recovery Mode di android, ada kalanya HP android tidak bisa masuk ke mode tersebut. Padahal cara mengaksesnya sudah benar, akan tetapi tetap saja HP tidak mau masuk ke Mode Recovery tersebut. Beberapa hal memang bisa menjadi penyebab satu ini, baik dari pengguna maupun sistem android itu sendiri. Adapun beberapa cara mengatasi HP android tidak bisa masuk Recovery Mode selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Penyebab Android Tidak Bisa Masuk Recovery
Penyebab Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP android yang tidak dapat masuk ke Recovery Mode. Cara-cara ini tentunya sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Adapun cara memperbaiki masalah android tidak bisa masuk Recovery Mode selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melepas Baterai HP

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah HP tidak bisa masuk Recovery Mode yakni dengan melepas baterainya. Tentu saja cara ini hanya disarankan untuk HP yang didukung dengan tipe baterai bisa dilepas atau removable. Cukup ribet tentunya untuk melepas baterai pada HP dengan dukungan baterai tanam atau non-removable.

Lepaskan baterai HP beserta kartu SIM dan SD card yang terpasang di HP. Diamkan HP selama beberapa waktu, kemudian kamu pasang lagi komponen eksternal yang dilepas tadi. Jika sudah, sekarang kamu coba lagi masuk ke Mode Recovery dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu sesuai tipe HP androidmu.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Alternatif yang kedua yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Cara ini diklaim sangat efektif untuk mengakses Recovery Mode di HP android. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah Quick Reboot. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk alternatif melakukan shutdown, reboot, masuk ke Safe Mode, masuk ke Bootloader dan juga restart. Untuk masuk ke Recovery Mode menggunakan aplikasi Quick Reboot tersebut, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi Quick Reboot di HP android.
  • Kemudian kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, akan ditampilkan beberapa opsi. Selanjutnya kamu klik pada opsi Reboot to Recovery.
  • Tunggu sebentar, maka HP akan mati dan hidup lagi, serta akan langsung ditampilkan Recovery Mode.
  • Selesai.

Selain menggunakan aplikasi Quick Reboot, kamu juga bisa menggunakan aplikasi alternatif lainnya yakni bernama Terminal Emulator. Fungsinya pun hampir sama dengan aplikasi di atas, akan tetapi cara mengaksesnya yang berbeda. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi Terminal Emulator di HP android.
  • Kemudian kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu ketik perintah “reboot recovery” (tanpa tanda petik).
  • Maka HP akan melakukan reboot dan masuk ke Recovery Mode.
  • Selesai.

3. Menggunakan Perangkat USB Jig

Cara lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi HP android tidak bisa masuk Mode Recovery yakni dengan menggunakan USB Jig. Perangkat satu ini hampir sama bentuknya seperti OTG, namun fungsinya tentu berbeda. USB Jig berfungsi untuk memaksa HP melakukan reboot dan masuk ke Recovery Mode tanpa perlu menekan tombol Apa pun.

Untuk cara menggunakannya sangat mudah, cukup kamu sambungkan USB Jig tersebut ke HP. Kemudian lakukan reboot atau restart HP android. Secara otomatis HP nantinya akan langsung menampilkan Recovery Mode. Kamu bisa mendapatkan USB Jig ini dengan membelinya melalui marketplace, ada banyak toko yang menjual perangkat tersebut.

4. Lakukan Reset HP Android

Melakukan Factory Reset bisa dilakukan dengan masuk dulu ke Recovery Mode. Jadi, bagaimana bisa melakukan reset HP yang tidak dapat masuk ke mode tersebut? Sangat mudah, kamu bisa melakukan reset HP melalui menu Pengaturan atau Settings yang tersedia di dalamnya.

Sebelum melakukan reset, pastikan kamu sudah melakukan backup data jika memang terdapat data penting yang tersimpan di dalamnya. Mengenai cara reset HP melalui menu Pengaturan tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Kemudian klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

5. Lakukan Flashing Ulang HP Android

Dan cara yang terakhir bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP android tidak dapat masuk Recovery Mode yakni dengan melakukan flashing ulang. Cara ini tidak hanya akan mereset HP, melainkan juga mengganti ROM atau firmware yang digunakan pada HP. Untuk melakukannya terbilang cukup rumit, apalagi jika kamu masih pemula.

Melakukan flashing HP android, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan, seperti file firmware sesuai tipe HP, flashTool, PC atau laptop, dan kabel USB. Untuk file firmware yang digunakan, pastikan sesuai dengan tipe HP yang kamu miliki. File firmware ini bisa didownload langsung melalui situs resmi setiap brand HP. Dan untuk tata caranya sendiri bisa kamu cari di internet.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android tidak bisa masuk Recovery Mode yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Android Download Sendiri
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi HP Android Ngecas Sendiri
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini