Cara Mengatasi HP Android Selalu Masuk Recovery Mode

42
Android Selalu Masuk Recovery Mode
Android Selalu Masuk Recovery Mode

Android Selalu Masuk Recovery Mode – Perangkat HP android didesain dengan segala kecanggihannya guna untuk memanjakan para pengguna. Berbagai fitur canggih disematkan di dalamnya, di mana adanya dukungan fitur-fitur ini akan membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Mulai dari pekerjaan kantor, perdagangan, desain, pengelolaan bisnis dan lain sebagainya. Bahkan HP android juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan terbaik, baik dengan bermain game, menonton video, bersosial media atau yang lain sebagainya.

Android Selalu Masuk Recovery Mode
Android Selalu Masuk Recovery Mode

Di HP android juga disematkan spesifikasi mumpuni sehingga membuatnya mampu menjalankan berbagai perintah dari penggunanya. Spesifikasi tinggi tentunya akan membuat harga banderol dari HP tersebut semakin mahal. Namun, ada beberapa brand yang berani menghadirkan HP dengan spek tinggi dan menawarkannya dengan harga cukup terjangkau. Sebut saja Xiaomi yang sering kali meluncurkan HP android spek dewa dengan harga murah.

Baca Juga:

Berbicara mengenai smartphone android, di dalamnya juga disematkan fitur khusus yang digunakan untuk memperbaiki masalah error pada sistem. Salah satunya ada Recovery Mode yang biasa diakses oleh para teknisi, di mana melalui halaman ini pengguna bisa mengakses fitur tersembunyi di HP. Namun, terkadang tanpa melakukan apa pun HP tiba-tiba masuk ke halaman Recovery Mode tersebut, bahkan hal ini terjadi berulang-ulang. Lantas, bagaimana cara memperbaiki HP android selalu masuk Recovery Mode tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Mengenal Tentang Recovery Mode di Android

HP yang terus masuk ke Recovery Mode seperti ini sebenarnya bukanlah masalah yang patut untuk dikhawatirkan. Pasalnya, halaman Recovery Mode bukan suatu indikasi HP rusak atau memiliki masalah serius. Recovery Mode biasa digunakan untuk memperbaiki masalah error pada sistem android. Baik itu HP bootloop, freeze, restart terus, atau bahkan sering mati dengan sendirinya.

Umumnya kita bisa masuk ke menu Recovery Mode dengan menekan kombinasi tombol fisik HP. Pada beberapa tipe HP bisa dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Atas, ada pula dengan kombinasi tombol Power + Volume Bawah. Sementara untuk HP dengan dukungan tombol Home Fisik, bisa dengan kombinasi tombol Power + Home + Volume Atas/Bawah.

Beberapa menu disediakan di halaman Recovery Mode android tersebut, yang paling sering digunakan yakni menu Wipe Cache dan Wipe Data. Fungsi dari keduanya yakni untuk menghapus cache dan data yang tersimpan di android. Khususnya ketika menghapus data melalui menu Wipe Data, cara ini akan membuat HP kembali ke pengaturan awal pabrik atau yang sering dikenal dengan sebutan Factory Reset HP.

Cara Keluar dari Recovery Mode HP Android

Cara Keluar dari Recovery Mode Android
Cara Keluar dari Recovery Mode Android

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi HP android selalu masuk Recovery Mode, sebaiknya kamu ketahui cara untuk keluar dari mode tersebut. Siapa tahu dengan cara keluar dari Recovery Mode ini akhirnya HP androidmu tidak lagi masuk ke halaman tersebut lagi. Setidaknya ada 2 cara untuk keluar dari Mode Recovery HP android, di antaranya:

1. Keluar dari Recovery Mode dengan Reboot

Cara yang paling mudah dan praktis untuk keluar dari halaman Recovery Mode android yang dengan melalui menu Reboot. Menu ini bisa kamu temukan di pilihan paling bawah di halaman Recovery Mode. Biasanya menu tersebut tertulis Reboot System Now atau Reboot to System. Ada pula pada beberaa tipe HP bertulis Power Off.

Ketika HP masuk ke halaman Recovery Mode, kamu tinggal tekan saja menu tersebut. Maka secara otomatis HP akan melakukan restart dan nantinya langsung masuk ke layar menu utama HP.

2. Keluar dari Recovery Mode dengan Menekan Tombol

Selain cara di atas, alternatif lain untuk bisa keluar dari Recovery Mode android yakni dengan menekan tombol fisik di HP. Cara ini akan membuat HP mati dan hidup lagi dengan sendirinya, kemudian akan menampilkan layar menu utama android.

Di beberapa tipe dan merek HP mungkin berbeda-beda untuk cara keluar dari Recovery Mode dengan menekan tombol ini. Untuk cara-caranya bisa kalian lihat di bawah ini, yakni:

  • Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik hingga layar HP mati dengan sendirinya dan HP melakukan restart.
  • Tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah selama beberapa detik hingga HP mati dan restart.
  • Atau bisa juga menekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga layar mati dan HP restart.

Catatan: Kamu bisa menerapkan salah satu cara di atas, mengingat tipe dan merek HP berbeda-beda untuk cara keluar dari Recovery Modenya.

Cara Mengatasi HP Android Selalu Masuk Recovery Mode

Sementara untuk memperbaiki HP android yang selalu masuk ke Mode Recovery, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara memperbaiki masalah HP android selalu masuk Recovery Mode selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Fungsi Tombol Fisik HP

Cara yang pertama bisa dilakukan yakni dengan mengecek fungsi dari tombol fisik HP. Berkaitan dengan informasi yang sudah dijelaskan di atas, untuk masuk ke Mode Recovery biasanya dilakukan dengan menekan kombinasi tombol tertentu. Misalnya saja tombol Power + Volume Atas atau tombol Power + Volume Bawah.

Bisa jadi HP yang selalu masuk ke Recovery Mode ini dikarenakan tombol fisik di HP tersebut mengalami error yang membuatnya terus tertekan. Sehingga tanpa kamu menekan, tombol HP tersebut menekan dengan sendirinya dan membuat HP masuk ke Recovery Mode.

Untuk lebih mudahnya kamu perlu melakukan pembongkaran bodi HP dan mengecek kondisi dari komponen tombol fisik HP tersebut. Jika memang tidak memungkinkan melakukannya sendiri, maka kamu bisa membawa HP ke service center.

2. Lakukan Factory Reset HP Android

Jika memang tombol fisik di HP dalam keadaan normal, bisa jadi HP yang terus masuk ke Recovery Mode ini dikarenakan adanya error pada sistem android. Sementara cara untuk mengatasinya bisa dengan melakukan reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik.

Perlu kamu tahu, melakukan factory reset HP android akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Baik itu file media, file sistem hingga data aplikasi yang terinstall di perangkat android. Untuk melakukan factory reset HP tersebut, yakni:

  • Pastikan HP androidmu sudah berada di halaman Recovery Mode.
  • Kemudian kamu arahkan pilihan pada Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menvigasi dan tombol Power untuk memilih atau eksekusi.
  • Selanjutnya konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu beberapa saat sampai HP selesai direset.
  • Jika sudah, sekarang kamu pilih Reboot System Now, maka HP akan langsung restart dan masuk ke layar utama HP.
  • Selesai.

3. Lakukan Flashing HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi HP selalu masuk Recovery Mode yakni dengan melakukan flash HP. Bisa jadi masalah HP selalu masuk Recovery Mode tersebut dikarenakan adanya error pada firmware atau ROM. Atau juga sebelumnya kamu memasang cutom ROM pada perangkat android sehingga menyebabkan masalah error satu ini.

Untuk cara flashing HP android sendiri bisa ditentukan dengan tipe HP dan chipset yang digunakan. Melakukannya bisa dengan bantuan FlashTool yang dapat didownload melalui internet. Selain itu, kamu juga butuh file firmware atau ROM yang sesuai dengan tipe HP-mu. Disarankan untuk menggunakan ROM bawaan agar tidak terjadi masalah error yang sama.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP android selalu masuk Recovery Mode yang mudah dan ampuh bisa diterapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi untuk Mengubah Video ke MP3 Terbaik
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Lupa Kata Sandi Google Playstore
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini