5 Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

92
Android Process Media Telah Berhenti
Android Process Media Telah Berhenti

Android Process Media Telah Berhenti – HP android merupakan salah satu perangkat gadget yang paling dibutuhkan sekarang ini, bahkan bagi sebagian besar pengguna HP android merupakan salah satu kebutuhan paling penting. Tidak lain karena HP android memiliki banyak sekali fungsi yang tentunya bisa memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di android, di mana aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Android Process Media Telah Berhenti
Android Process Media Telah Berhenti

Di HP android kita juga memungkinkan untuk menyimpan berbagai file media, baik itu foto, video, musik, dan jenis file lainnya. File ini sendiri akan tersimpan di memori HP, baik itu memori internal ataupun memori eksternal. Sementara cara untuk mengaksesnya sendiri bisa melalui menu File Manager yang terinstall secara default di HP android. Akan tetapi, jika menurutmu menu File Manager bawaan di android kurang lengkap fiturnya, maka bisa menginstall aplikasi File Manager lain melalui Google Playstore. Ada banyak pilihan aplikasi File Manager di sana yang tentunya bisa kamu gunakan secara gratis.

Baca Juga:

Berbicara mengenai file media di android, terkadang ada masalah error yang bisa dialami di dalamnya. Salah satunya muncul pesan error di layar android yang bertuliskan “Sayangnya, android.process.media telah berhenti” atau “Unfortunately android.process.media has stopped”. Pesan ini memberitahukan bahwasannya ada error atau bug yang terjadi pada pengelolaan file media di android, bisa aplikasi Download Manager ataupun File Manager. Lantas, bagaimana cara mengatasi sayangnya android process media telah berhenti tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Sayangnya Android Process Media Berhenti

Sebelum lanjut ke cara mengatasi android process media yang berhenti, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab utamanya. Dari analisis pesan yang dilampirkan tersebut, kemungkinan besar masalah ini disebabkan karena adanya error atau bug pada penyimpanan file media di HP. Di mana tugas ini diemban oleh menu File Manager yang menjadi tempat untuk mengelola file di android.

Selain itu, bisa juga pesan error ini muncul dikarenakan memori di HP android yang sudah penuh. Bukan memori eksternal, melainkan memori internal yang terpasang di HP android. Sebaiknya kamu lakukan pengecekan apakah hal ini benar terjadi atau tidak.

Dan penyebab yang terakhir yakni adanya bug pada sistem android yang menyebabkan android process media terus berhenti. Hal ini yang paling terjadi dan tidak disadari oleh para pengguna.

Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Sayangnya Android Process Media Telah Berhenti
Sayangnya Android Process Media Telah Berhenti

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah android process media yang berhenti tersebut. Di mana caranya ini terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan langkah-langkah yang panjang. Bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkan cara ini. Adapun cara mudah mengatasi android process telah berhenti selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah android process terus berhenti yakni dengan melakukan restart HP. Cara ini akan memperbaiki berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk masalah satu ini. Setelah dilakukan restart, apakah pesan error tadi masih tetap muncul?

Jika benar demikian, maka kamu perlu mematikan HP android selama beberapa menit. Matikan HP dan lepas SIM Card, SD Card dan juga baterainya (khusus HP dengan baterai removable). Diamkan HP setidaknya 5 hingga 10 menit lamanya, kemudian pasang kembali komponen tadi. Hidupkan HP seperti biasa, pesan error tadi tidak akan muncul lagi.

2. Menghentikan Sinkronisasi Akun Google

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi android proses media telah berhenti yakni dengan mematikan sinkronisasi pada akun Google. Mengaktifkan sinkronisasi memang ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat. Namun, pada kondisi tertentu akan menyebabkan sistem android mengalami error, termasuk masalah error sistem media seperti ini.

Untuk melakukan penghentian sinkronisasi akun Google di HP android tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Akun.
  • Karena di sini kita akan menghentikan sinkronisasi akun Google, maka pilih opsi Google.
  • Pada halaman Google tersebut, kamu klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Hentikan Sinkronisasi atau Hentikan Sync.
  • Selesai.

3. Mengentikan Aplikasi Penyimpanan Media

Jika cara di atas masih belum berhasil, maka kamu bisa mencoba cara ketiga ini yakni melakukan penghentian paksa pada aplikasi penyimpanan media. Di setiap brand dan tipe HP berbeda-beda untuk nama penyimpanan media ini. Jika di HP Samsung, aplikasi atau menu tersebut diberi nama File Saya.

Kamu perlu melakukan penghentian paksa pada File Saya tersebut, serta juga menghapus file cache yang tersimpan di dalamnya. Untuk melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi File Saya atau penyimpanan media sesuai yang ada di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Lanjutkan dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian pilih Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

4. Hapus File Cache Aplikasi Tertentu

Selain aplikasi penyimpanan file media, kamu juga perlu menghapus file cache yang tersimpan di beberapa aplikasi bawaan di android lainnya yang juga berhubungan dengan file media. Aplikasi bawaan lain yang dimaksud seperti, Download Manager, Google Playstore, dan juga Google Service Framework.

Cara penghapusan cache yang tersimpan di 3 aplikasi bawaan tersebut terbilang sangat mudah, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Playstore. Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan dan klik tombol Hapus Cache.
  • Kembali ke opsi Aplikasi, sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Google Service Framework. Kemudian pilih opsi Penyimpanan dan klik Hapus Cache.
  • Kembali lagi ke opsi Aplikasi, dan pilih aplikasi Download Manager. Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan dan klik Hapus Cache.
  • Selesai.

Catatan: Khusus untuk Google Service Framework, pada beberapa jenis perangkat HP mungkin berbeda-beda namanya. Misalnya saja Samsung Framework, Xiaomi Framework dan nama lainnya sesuai tipe HP yang kamu punya.

5. Lakukan Factory Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi android process media yang terus berhenti yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Sebaiknya kamu lakukan pencadangan data terlebih dahulu jika memang ada data penting yang tersimpan di memori internal.

Untuk langkah-langkah melakukan hard reset atau factory reset ini sendiri, yakni:

  • Matikan HP seperti biasa.
  • Hidupkan dengan cara Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga layar menyala.
  • Akan ditampilkan halaman Recovery Mode di sana.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Wipe Cache, kemudian konfirmasi dengan pilih Yes.
  • Jika sudah, lanjut dengan pilih Wipe Data / Factory Reset. Konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu sampai proses reset selesai, kemudian pilih Reboot System Now.
  • HP akan melakukan reboot dan tunggu hingga menyala kembali.
  • Selesai.

Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah android proses media telah berhenti, maka kamu bisa melakukan flashing ulang atau memperbarui firmware pada HP. Jika memang kamu tidak bisa melakukannya sendiri, maka bisa membawa HP ke service center.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android process media telah berhenti yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya6 Cara Mengatasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi di Android
Artikel Selanjutnya5 Cara Mengatasi Aplikasi Muncul Sendiri di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini