Ini Alasan Harus Uninstall WhatsApp Mulai dari Sekarang

Alasan Harus Uninstall WhatsApp – Sebagian besar pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi instant messengger yang cukup populer satu ini. Penggunanya tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia. Penggunaannya yang terbilang mudah dan dibekali beragam fitur, membuat aplikasi chatting di android satu ini menjadi favorit banyak pengguna. Selain bisa berkirim pesan dengan mudah, melalui WhatsApp kamu juga bisa melakukan panggilan suara dan panggilan video dengan kualitas bagus.

Alasan Harus Uninstall WhatsApp
Alasan Harus Uninstall WhatsApp

WhatsApp memang menjadi pilihan utama bagi para pengguna android. Menurut data, aplikasi Alasan Harus Uninstall WhatsApp ini sudah memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 1,6 miliar. Meski cukup populer, baru-baru ini beredar kabar tidak menyenangkan bagi pengguna WhatsApp. Pasalnya, banyak hal-hal negatif yang bisa dialami pengguna WhatsApp dan akhirnya menjadi alasan kamu perlu menghapusnya dari smartphone android kesayangan.

Baca Juga:

Hal yang melatarbelakangi munculnya himbauan untuk menghapus aplikasi WhatsApp ini cukup banyak. Setidaknya ada 5 alasan harus uninstall WhatsApp yang dianggap paling realistis. Bukan hal sepele, kemungkinan hal terburuk bisa dialami oleh pengguna jika tetap membiarkan aplikasi ini terinstall di HP androidnya. Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Ini Alasan Harus Uninstall WhatsApp Mulai dari Sekarang

Alasan Harus Uninstall Aplikasi WhatsApp
Alasan Harus Uninstall Aplikasi WhatsApp

Munculnya himbauan untuk pengguna android harus menghapus aplikasi WhatsApp diawali oleh pernytaan kontroversial yang dilontarkan oleh Bos Telegram. Ia menyarankan kepada pengguna agar buru-buru mencopot instalasi aplikasi WhatsApp di smartphonenya. Bukan tanpa alasan, menurutnya aplikasi WhatsApp punya tingkat keamanan cukup rendah. WhatsApp sangat mudah sekali dibobol oleh hacker dan disusupi virus atau malware berbahaya.

Jika hal ini terjadi, data pengguna bisa saja dicuri dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab hanya untuk keperluan pribadi. Tidak hanya itu saja, makin parahnya hacker bisa menyadap HP sehingga memungkinkan ia membaca atau melihat data SMS, telepon dan panggilan yang dilakukan oleh pengguna. Selain itu, masih ada alasan lain yang mengharuskan kamu meng-uninstall WhatsApp dari HP android.

Berikut alasan harus uninstall WhatsApp di tahun 2020 selengkapnya, yakni:

1. Menjadi sumber informasi HOAX

Alasan yang pertama kenapa kamu harus menghapus aplikasi WhatsApp yakni karena bisa menjadi sumber tersebarnya informasi palsu alias HOAX. Hal ini dikarenakan aplikasi WhatsApp belum dilengkapi dengan fitur untuk men-filter informasi yang disebarkan oleh satu pengguna ke pengguna lainnya. Jadi, pesan broadcast bisa saja beredar dengan mudah dan cepat tanpa adanya pemantauan dari pihak WhatsApp.

Sudah banyak sekali bukti yang semakin memperkuat alasan satu ini. Mereka para orang jahat atau dengan maksud tertentu akan mengumpulkan pengguna WhatsApp dalam sebuah grub tertentu. Dari grup ini ia akan mulai menyebarkan informasi atau berita HOAX yang nantinya bisa disebarkan oleh pengguna lain. Inilah salah satu masalah bagi pemilik WhatsApp yang belum ditemukan cara untuk menanganinya. 

2. Privasi data yang kurang sempurna

WhatsApp merupakan aplikasi chatting populer yang berada di bawah naungan Facebook Inc. Sudah pasti sistem yang dimiliki punya kualitas yang tidak jauh berbeda dengan Facebook. Kabar buruknya, Facebook sudah beberapa kali mengalami pembobolan privasi data pengguna, khususnya di Amerika Serikat. Jika hal ini bisa terjadi pada Facebook, bukan tidak mungkin hal yang sama juga terjadi di WhatsApp.

Meskipun aplikasi WhatsApp sudah dilindungi oleh sistem enkripsi, namun privasi data pengguna masih dimungkinkan untuk dibobol oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Alasan ini juga semakin diperkuat dengan WhatsApp yang ternyata masih bisa membaca pola perilaku penggunanya. Misalnya saja pengguna yang sering dihubungi atau juga durasi waktu pengguna dalam menggunakan WhatsApp. Tidak hanya itu, WhatsApp juga masih bisa mengakses kontak yang tersimpan di ponsel penggunanya. Hal ini pastinya semakin membuat privasi data pengguna semakin berbahaya.

3. Mudah tersusupi oleh virus dan malware

Seperti yang dinyatakan oleh pemilik Telegram sebelumnya, WhatsApp masih terbilang mudah disusupi oleh virus dan malware. Virus yang paling berbahaya dan sudah banyak korbannya yakni virus trojan. Selain itu, ada pula jenis virus lain yang bisa masuk ke WhatsApp pengguna sehingga menyebabkan hal-hal buruk bagi pengguna.

Baru-baru ini muncul jenis virus baru yang tersebar di aplikasi WhatsApp, yakni virus New Year Virus. Virus satu ini bakal memberikan link tertentu kepada pengguna dan saat meng-klik maka pengguna akan diarahkan ke situs yang tidak jelas fungsinya. Dari sini, virus tersebut akan memunculkan iklan secara terus-menerus pada ponsel pengguna. Parahnya lagi, virus ini bakal meminta data pribadi dan menawarkan pengguna mendaftar di situs-situs aneh.

4. Kemudahan akses memunculkan kekhawatiran

Salah satu keunggulan dari aplikasi WhatsApp yakni kemudahan akses bagi para penggunanya. Kamu hanya perlu menggunakan nomor telepon untuk memulai menggunakan aplikasi chatting populer satu ini. Kamu juga bisa memasukkan kontak WA pengguna lain hanya dengan menyimpan nomor teleponnya agar bisa memulai komunikasi.

Namun, kemudahan dalam hal akses aplikasi ini justru memunculkan kekhawatiran bagi para penggunanya. Misalnya saja saat pengguna masuk ke sebuah grup WhatsApp tertentu. Pengguna lain bisa dengan mudah melihat nomor teleponmu. Dari sini akan memungkinkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan nomor teleponmu tersebut untuk hal-hal negatif yang merugikan pastinya.

Penutup

Itulah tadi beberapa alasan harus uninstall WhatsApp di tahun 2020 ini harus kamu ketahui. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?