Cara Mengatasi Akun TikTok Tiba-tiba Hilang

40
Akun TikTok Tiba-tiba Hilang
Akun TikTok Tiba-tiba Hilang

Akun TikTok Tiba-tiba Hilang – Sebagian besar dari pengguna smartphone pasti tidak asing dengan aplikasi satu ini, yakni TikTok. TikTok sendiri merupakan salah satu platform jejaring sosial yang paling banyak digunakan sekarang ini, khususnya di Indonesia. Penggunanya hadir dari berbagai kalangan usia, namun tentunya ada batasan umur yang diberlakukan untuk penggunaan aplikasi tersebut. TikTok telah memberlakukan kebijakan usia yang diperbolehkan untuk membuat dan mengakses TikTok, yakni minimal usia 13 ke atas. Jika kedapatan pengguna di bawah umur 13 tahun sudah memiliki akun TikTok, maka akun akan dinonaktifkan secara sepihak.

Akun TikTok Tiba-tiba Hilang
Akun TikTok Tiba-tiba Hilang

Memiliki akun TikTok, kita bisa menikmati berbagai fitur keren yang disediakan di dalamnya. Salah satunya fitur untuk mempercantik video yang akan diunggah ke akun TikTok. Di sana disediakan berbagai fitur tambahan yang bisa digunakan, mulai dari menambahkan teks, stiker, efek, musik, hingga filter. Bahkan kita bisa langsung merekam video dari aplikasi TikTok tersebut. Selain itu, ada pula fitur LIVE yang bisa digunakan oleh pengguna untuk melakukan live streaming. Dari fitur LIVE ini kita dimungkinkan untuk menghasilkan cuan dari gift atau hadiah yang dikirimkan oleh penonton saat live berlangsung. Gift yang didapat akan dikonversikan menjadi Koin TikTok, kemudian bisa dicairkan menjadi uang asli.

Baca Juga:

Sebagai pengguna TikTok, ada kalanya akun yang kita miliki tidak bisa diakses karena alasan tertentu. Pada kondisi ini tentunya kita akan bisa lagi menikmati semua fitur yang disediakan di aplikasi TikTok. Ada beberapa kondisi yang membuat kita tidak bisa masuk ke akun TikTok, misalnya saja akun hilang sehingga tidak dapat login. Penyebab dari kondisi ini bisa bermacam-macam, baik karena tindakan dari pengguna atau karena faktor lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi akun TikTok tiba-tiba hilang tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Akun TikTok Hilang Tidak Bisa Diakses

Penyebab Akun TikTok Tiba-tiba Hilang
Penyebab Akun TikTok Tiba-tiba Hilang

Penting sekali untuk mengetahui apa faktor yang menyebabkan akun TikTok tiba-tiba tidak bisa diakses atau hilang. Dengan begitu kita bisa lebih mudah mengatasi permasalahan akun TikTok hilang tersebut dan mencegah masalah yang sama terulang kembali di kemudian hari.

Adapun beberapa penyebab akun TikTok tidak bisa dibuka dan hilang selengkapnya, sebagai berikut:

1. Sedang Terjadi Pemeliharaan Server

Faktor pertama yang membuat akun TikTok tiba-tiba hilang adalah karena sedang terjadi masalah pada server sehingga dilakukan maintenance. Pada kondisi ini biasanya pengguna tidak dapat mengakses TikTok, bahkan akun TikToknya tidak dapat ditemukan.

Jika memang sedang dilakukan pemeliharaan server atau maintenance, biasanya pihak TikTok akan mengumumkannya di situs resmi atau akun sosial media resminya.

2. Akun Dibanned Sementara Oleh TikTok

Mungkin kamu telah melakukan pelanggaran tertentu sehingga membuat pihak TikTok terpaksa menonaktifkan akun sementara. Misalnya saja pengguna telah mengunggah konten sensitif yang dilarang oleh TikTok, pelanggaran hak cipta, dan lain sebagainya.

Pada kondisi ini tentunya kamu tidak dapat mengakses akun TikTok dan akun tersebut akan hilang di pencarian. Selain itu, saat mencoba untuk masuk biasanya akan muncul notifikasi kalau akun sedang dinonaktifkan dengan rentang waktu tertentu.

3. Akun TikTok Diblokir Selamanya

Untuk faktor yang keempat ini bisa terjadi jika pengguna melakukan pelanggaran berat sehingga akun dinonaktifkan secara permanen. Misalnya saja telah diperingati dengan pemblokiran sementara, namun pengguna tetap melakukan pelanggaran sehingga akun dibanned selamanya.

Selain itu, bisa juga karena akun TikTok direport secara massal oleh banyak pengguna. Hal ini membuat pihak TikTok mempertimbangkan untuk memblokir akun TikTok yang direport tersebut secara permanen.

4. Akun TikTok di Bawah Umur

Awalnya TikTok menetapkan minimal usia pengguna TikTok yakni 12 tahun. Namun, beberapa waktu berselang mereka mengubah lagi kebijakan tersebut dengan menetapkan usia minimal pengguna yang boleh memiliki akun TikTok adalah 13 tahun.

Nah, bisa jadi pengaturan tanggal lahir di akun TikTok milikmu terhitung masih di bawah umur 13 tahun, sehingga pihak TikTok langsung menonaktifkan akun tersebut.

5. Lupa Kata Sandi Akun TikTok

Penyebab akun TikTok hilang dan tidak bisa diakses lainnya yakni karena kita lupa password akun TikTok. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, mungkin saja karena pengguna memiliki banyak akun TikTok.

6. Akun TikTkok Dihack

Telah banyak kasus pencurian akun TikTok yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadinya. Biasanya mereka yang telah mengambil alih akun TikTok orang lain, akan melakukan beberapa tindakan. Misalnya saja, memposting video, mengubah indentitas akun dan lain sebagainya. Pada kondisi ini seolah-olah membuat akun TikTok tersebut hilang, padahal identitasnya telah diubah.

Cara Mengatasi Akun TikTok Tiba-Tiba Hilang yang Ampuh

Cara Mengatasi Akun TikTok Tiba-tiba Hilang
Cara Mengatasi Akun TikTok Tiba-tiba Hilang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembalikan akun TikTok yang hilang atau tidak dapat diakses. Cara yang dibagikan ini cukup mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kalian yang masih pemula.

Adapun cara mudah mengatasi akun TikTok yang hilang paling ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menunggu Akun Diaktifkan Kembali

Cara yang pertama ini khusus bisa dilakukan jika akun TikTok hilang akibat dinonaktifkan sementara. Akun banned sementara berarti masih ada kemungkinan akun TikTok diaktifkan kembali di lain waktu. Kamu cukup menunggu batas waktu penonaktifan pada akun TikTok tersebut.

Untuk mengeceknya bisa dengan login ke akun TikTok seperti biasa dengan memasukkan email/nomor HP dan passwordnya. Jika sudah berhasil login, biasanya di layar akan ditampilkan pemberitahuan kalau akun TikTok dinonaktifkan hingga waktu tertentu, misalnya saja 30 hari.

Selain itu, untuk akun TikTok yang dinonaktifkan karena di bawah umur, biasanya akun akan otomatis diaktifkan kembali jika usia pengguna sudah mencapai 13 tahun. Tidak perlu melakukan apa pun untuk perkara ini, cukup menunggu akun diaktifkan kembali.

2. Mengajukan Banding ke Pihak TikTok

Sementara untuk cara yang kedua ini berlaku untuk akun TikTok yang dibanned secara permanen oleh pihak TikTok. Jika memang kamu tidak merasa melakukan pelanggaran dan menganggap ini kesalahan dari pihak TikTok, maka untuk mengaktifkan akun tersebut kembali bisa dengan mengajukan banding.

Caranya cukup dengan membuka aplikasi TikTok dan login ke akun yang diblokir permanen. Di sana akan ditampilkan halaman pemberitahuan kalau akun sedang diblokir, kemudian klik tombol Ajukan Banding. Ikuti proses yang diberikan dan kamu hanya perlu menunggu pengajuan banding diterima atau ditolak. Jika memang diterima, nantinya akun TikTokmu akan kembali bisa diakses.

3. Mengatasi Lupa Sandi pada Akun TikTok

Akun TikTok tidak bisa dibuka mungkin saja karena kamu salah memasukkan kata sandi atau passwordnya. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan forgot password pada akun TikTok tersebut. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka aplikasi TikTok seperti biasa di HP androidmu.
  • Pada halaman login akun TikTok, kamu ketuk pada opsi Sudah Punya Akun?.
  • Lalu pilih opsi Gunakan Telepon / Email / Nama Pengguna dan ketuk tombol Selanjutnya.
  • Selanjutnya pilih menggunakan Email atau Nama Pengguna, lalu klik opsi Lupa Kata Sandi?.
  • Sekarang pilih Email atau Telepon untuk mengirim kode verifikasi agar bisa melakukan pemulihan akun yang lupa passwordnya.
  • Cek Kode Verifikasi yang dikirimkan oleh pihak TikTok ke Email atau Nomor HP sesuai yang kamu pilih sebelumnya.
  • Selanjutnya masukkan Kode Verifikasi tersebut di halaman TikTok. Kemudian buat kata sandi baru yang ingin digunakan untuk akun TikTok tersebut.
  • Selesai.

4. Meminta Bantuan Customer Service TikTok

Dan cara terakhir untuk bisa mengembalikan akun TikTok yang hilang dan tidak bisa diakses adalah dengan meminta bantuan pihak TikTok. Cara ini bisa dilakukan jika akun TikTok dihack dan diambil alih oleh orang lain.

Dalam hal ini kamu bisa meminta bantuan CS TikTok melalui menu Bantuan di situs resminya. Kamu perlu menyiapkan juga bukti-bukti yang menyatakan kalau akun TikTok yang dihack benar-benar milikmu. Misalnya saja nomor HP yang terhubung, alamat email yang digunakan dan bukti pendukung lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi akun TikTok tiba-tiba hilang beserta penyebabnya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaKenapa Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop? Ini Penjelasannya!
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Anonymous Chat Telegram Error
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini