Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020

1867
Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020
Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020

Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020 – Siapa kini yang tidak kenal dengan aplikasi perpesanan Line? Aplikasi populer yang diluncurkan sejak tanggal 23 Jungi 2011 oleh seorang warga negara Korea Selatan bernama Lee Hae Jin. Banyak fitur yang disajikan kedalam Line tersebut sehingga cepat populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Sebab, selain bisa mengirim pesan singkat, dalam percakapannya juga sudah sejak awal memilki sticker lucu yang dapat digunakan oleh semua penggunanya dalam mengekpresikan bacaan mereka. Dalam pemakaiannya juga Line sudah memanfaatkan jaringan internat dalam pengoperasian sistemnya.

Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020

Bagi sebagian orang beberapa obrolan chatting mereka dianggap sangat penting, dan tak jarang juga terkadang kita tidak sengaja menghapus obrolan penting tersebut dari Line. Atau bahkan ketika hendak mau mengganti HP yang baru. Pastilah anda berpikir bagaimana cara memindahkan semua riwayat obrolan penting itu ke dalam smartphone yang baru. Tapi kalian tenang saja, tidak perlu panik, karena riwayat pesan pada aplikasi Line semua bisa dibuat Backup nya. Sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika tidak sengaja menghapus nya, maupun hendak mengganti HP ke yang baru.

Baca Juga:

Backup ini sendiri adalah suatu proses pencadangan data pesan berbentuk teks, gambar, maupun video ke dalam tempat penyimpanan yang lain. Seperti data riwayat obrolan di backup dari memori internal HP menuju ke memory eksternal, dan bisa juga ke penyimpanan Online di cloud storage. Jadi sangatlah penting bagi kita, untuk mengetahui cara nya melakukan backup pesan dari aplikasi Line tersebut. Oleh karena itu lah pada artikel kita kali ini, saya akan membahas Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020 dengan mudah, dan menggunakan beberapa cara yang dapat kamu pilih.

Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020

Nah, untuk dapat menghindari kehilangan sebuah riwayat perpesanan, kamu harus melakukan suatu backup terlebih dahulu terhadap data chat Line anda. Hal ini dikarenakan mungkin saja beberapa dari kalian yang hendak mau mengganti handphone nya, maupun secara tidak sengaja penghapus aplikasi Line, dan banyak sekali. Tapi tenang, mari simak ulasannya seputar cara backup dan restore obrolan chatting Line dibawah ini.

1. Backup Semua History Chat Line

Cara pertama yang bisa kamu terapkan dalam melakukan backup history pesan pada Line yaitu, dengan mem-backup seluruh chat ke dalam Google Drive. GDrive ini sendiri merupakan layanan Cloud Storage yang diberikan secara gratis kepada para pengguna Gmail mereka yang berkapasitas penyimpanan nya hingga 15 GB. Jadi sebelum melakukan langkah-langkah nya di bawah, pastikan terlabih dahulu kalau kalian sudah melakukan Login Gmail pada perangkat Android milik kalian. Sudah siap? Lanjut simak cara nya dibawah.

Berikut cara melakukan backup history chat Line ke dalam GDrive :

  1. Pastikan kamu sudah mendaftarkan sebuah Gmail beserta Password nya ke dalam akun Line tersebut. Sebab perlu di ingat, bahwa dari akun Gmail itu lah nanti semua data pesan kalian akan di backup
  2. Buka aplikasi Line, dan klik Titik 3 pada menu paling kanan
    langkah 1
  3. Lalu masuk kedalam menu Pengaturan yang berlogo roga gigi di sudut kanan atas
  4. Lihat pada opsi Pengaturan Dasar, dan tekan menu Obrolan
  5. Lanjut dengan menekan tulisan Buat cadangan dan pulihkan riwayat obrolan
    langkah 1
  6. Pada menu tersebut kita klik opsi bertuliskan Akun Google Blm Diatur
    langkah 3
  7. Setelah diklik maka akan muncul jendela yang berisikan akun Gmail yang telah login pada perangkat kita. Pilih Gmail mana yang mau anda gunakan, dan klik OK
  8. Kemudian langkah terakhir yaitu klik Cadangkan ke Google Drive
    langkah 4
  9. Tunggu proses backup hingga selesai yang akan di nyatakan dalam angka 100%.

2. Backup Satu History Chat Line

Setelah sebelumnya kita mempelajari cara melakukan backup kepada seluruh history chat dalam aplikasi Line. Sekarang kita akan membahas langkah membackup satu history chat teman saja, artinya jika anda tidak mau melakukan backup pada seluruh chat teman anda, maka bisa melakukan cara yang satu ini untuk melakukan seleksi manual mau backup history teman mana saja. Selain itu juga proses dari backup data dengan cara satu per satu ini sangat lah cepat ketimbang kita membackup seluruh data chatnya.

Penasaran bagaimana langkah-langkah nya? Mari simak tutorialnya dibawah ini :

  1. Buka aplikasi Line kalian, dan pilih menu Chat
  2. Buka obrolan bersama teman mu yang ingin di backup
  3. Tekan menu bericon tanda panah ke bawah pada sudut kanan atas
    2 langkah 1
  4. Lalu pilih Chat Settings berlogo roda gerigi
  5. Pilih opsi Back Up Chat History
  6. Selanjutnya akan muncul sebuah jendela yang berisikan dua pilihan. Yaitu Back Up Text (jika kamu mau menyalin data pesannya saja), dan Back Up All Data (kalau kamu mau menyalin semua data termasuk pesan, gambar, dan video)
    2 langkah 1
  7. Pilih OK
  8. Nanti nya file Backup tersebut akan berbentuk ZIP maupun RAR. Dan OK lagi menandakan proses sudah selesai
  9. Langkah terakhir tinggal anda pilih mau di Kirim atau Simpan ke mana data history tersebut. Seperti Gmail, Telegram, Shareit, dan lain-lain.

Restore History Chat Line

Setelah anda mempelajari 2 metode bagaimana caranya backup data Line di atas tadi, maka kita akan lanjut membahas langkah untuk melakukan restore atau pengembalian data dari backup sebelumnya. Perlu kalian ketahui kalau cara restore yang ke 1 ini hanya diperuntukan untuk mereka yang melakukan backup full data melalui Google Drive. Sebab, jika anda melakukan backup bukan pada Gdrive melainkan aplikasi lain, maka lewati saja langkah ini dan lanjut baca cara ke 2 saja.

1. Cara Restore Semua History dari GDrive

Berikut ini tutorial untuk restore semua history chat yang telah di backup :

  1. Buka apl Line kamu dan tekan opsi titik 3 seperti gambar di bawah ini
    langkah 1
  2. Pilih menu Pengaturan berikon roda gigi
  3. Setelah itu lanjut dengan menekan opsi Obrolan
  4. Lanjut klik Buat cadangan dan pulihkan riwayat obrolan
  5. Kalau sebelumnya kalian belum menghubungkan akun Gmail, maka klik tulisan Akun Google Blm Diatur
    langkah 3
  6. Dan pilih email mana yang sebelumnnya kamu gunakan dalam menyimpan Data Backup, dan klik OK
  7. Kemudian tekan Pulihkan atau Restore
  8. Tunggu hingga selesai dan OK.

2. Cara Restore Satu History Chat Line

Berikut ini tutorial untuk cara restore satu riwayat chat yang telah di backup menjadi RAR ataupun ZIP :

  1. Buka apl Line, dan masuk ke dalam Obrolan Chat Teman kamu yang mau di backup
  2. Klik menu bericon tanda panah ke bawah pada sudut kanan atas. Lihat gambar dibawah agar jelaslangkah 1
  3. Pilih Pengaturan Obrolan
  4. Dan tekan Import Riwayat Obrolan
  5. Tekan YA, dan tunggu hingga selesai.

Penutup

Baik itulah tadi artikel kita kali ini yang berjudul Cara Backup dan Restore Chat Line Terbaru 2020 lengkap dalam membahas pokok permasalahannya. Sekian dari kali ini, jangan lupa share, dan sampai jumpa.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah di Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Google Chrome Error di HP Android
Jimi
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini