8 Cara Mengatasi SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi – HP besutan Xiaomi punya keunggulan dari sisi harga banderolnya yang terbilang murah. Bahkan HP flagshipnya juga lebih murah dibandingkan dengan HP dari brand lain. Meskipun murah, Xiaomi tidak pernah mengecewakan peminatnya dengan menyematkan spesifikasi handal pada setiap produk yang dipasarkan. Inilah yang menjadi daya tarik utama Xiaomi dalam menarik minat para pengguna gadget.

Cara Mengatasi SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasi SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi

Tapi tidak hanya keunggulan, Xiaomi juga punya beberapa kekurangan. Salah satunya adalah sering terjadi masalah pada sistem yang tentunya cukup meresahkan pengguna. Beberapa kasus yang dialami pengguna, HP Xiaomi tidak bisa mendeteksi SIM Card yang digunakan. SIM Card yang tidak terdeteksi di android mungkin akan membuat penggunanya bingung, apalagi pengguna yang terbilang baru.

Baca Juga :

SIM Card tidak terdeteksi di Hp Xiaomi juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Mengetahui penyebabnya akan lebih mempermudah kamu dalam menerapkan cara mengatasi SIM Card Xiaomi tidak terdeteksi. Pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan secara terperinci cara-cara tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

Cara Mengatasi SIM Card Xiaomi Tidak Terdeteksi

1. Melakukan restart HP Xiaomi

Cara mengatasi SIM Card Xiaomi tidak terdeteksi paling mudah yang pertama adalah dengan melakukan restart. Merestart HP Xiaomi akan mampu mengatsi berbagai masalah yang terjadi karena kesalahan sistem, salah satunya adalah SIM Card yang tidak terdeteksi. Beberapa pengguna berhasil mengatasi masalah seperti ini hanya denan cara melakukan restart HP android.

Masalah seperti ini biasanya juga terjadi ketika pengguna melakukan penggantian SIM Card tanpa mematikan HP Xiaomi. Yang demikian tersebut membuat SIM Card tidak bekerja seperti biasanya. Merestart HP Xiaomi akan mampu mengatasi masalah tersebut.

2. Memastikan SIM Card posisinya sudah tepat

Kebanyakan HP Xiaomi keluaran baru menggunakan baterai tanam. Dan posisi SIM Card dan kartu microSD ada di samping dengan slot masing-masing. Karena hal inilah mungkin pemasangan SIM Card tidak lurus atau goyah sehingga membuatnya tidak terdeteksi.

Untuk masalah ini, cobalah kamu memeriksa kembali apakah kartu SIM yang terpasang posisinya sudah tepat atau tidak. Dan juga jangan sampai kamu memasangkan SIM Card secara terbalik.

3. Pastikan kuningan SIM Card bersih dan tidak cacat

Kuningan yang ada di SIM Card sangat berpengaruh pada sistem android ketika membacanya. Mungkin saja kuningan pada SIM Card kotor atau ada kecacatan, alhasil membuatnya tidak bisa terdeteksi oleh sistem android.

Untuk mengatasinya kamu bisa membersihkan kuningan SIM Card dengan karet penghapus. Gosok-gosok karet penghapus secara perlahan hingga bersih. Cobalah pasang kembali SIM Card pada slot yang tersedia dengan tepat. Jika kuningan terjadi cacat atau terdapat kerusakan, maka hal ini tidak bisa diperbaiki lagi.

4. Memeriksa pengaturan HP Xiaomi

Jika cara di atas belum juga berhasil mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi di Xiaomi, cobalah untuk memeriksa kembali pengaturan HP Xiaomi. Mungkin saja kamu tidak sengaja atapun sengaja mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Modem dan lupa menonaktifkannya kembali.

Jika yang demikian ini terjadi, sudah pasti SIM Card yang dipasang tidak akan terdeteksi oleh sistem android.

5. Pengaturan sinyal di HP Xiaomi

Cara mengatasi SIM Card Xiaomi tidak terdeteksi berikutnya adalah dengan melakukan pengaturan pada sinyal HP Xiaomi. SIM Cad Xiaomi tidak terbaca mungkin disebabkan oleh jaringan atau sinyal yang bermasalah atau terjadi gangguan. 

Untuk mengatasinya kamu harus memastikan SIM Card yang error dipasang pada slot SIM 1. Setelah terpasang, kamu buka menu panggilan lalu ketik dial *#*#3646633#*#*. Pada tampilan baru yang muncul, kamu bisa memilih Network Selection. Ubah pengaturan SIM 1 tadi ke mode GSM / WSDMA (auto), kemudian klik OK. Lihat apakah kartu SIM sudah terdeteksi atau tidak. Masalah seperti ini biasanya juga disebabkan oleh sinyal operator di area sekitar kamu yang mengalami gangguan.

6. Melakukan factory reset Xiaomi

Cara di atas masih belum berhasil mengatasi masalah kartu SIM Xiaomi tidak terbaca? Jika iya, cobalah melakukan cara yang satu ini yakni melakukan factory reset atau mengambalikan ke pengaturan pabrik. Melakukan reset ulang pada Xiaomi akan membuat semua data yang ada di memori internal akan dihapus secara otomatis. Karena itulah, sebelum melakuka factory reset kamu perlu melakukan backup data.

Untuk cara melakukan factory reset, kamu bisa langsung menuju ke menu Pengaturan >> pilih Cadangkan dan Reset >> kemudian pilih Reset data pabrik. Cobalah untuk memasangkan kembali kartu SIM Xiaomi kamu.

7. Melakukan flash ulang HP Xiaomi

Jika cara factory reset HP Xiaomi masih belum bisa mengatasi kartu SIM Xiaomi tidak terdeteksi, maka kamu bisa melakukan flash ulang. Flash ulang Xiaomi berarti kamu akan menggunakan ROM Xiaomi terbaru sesuai tipe Xiaomi yang kamu miliki. Berbagai masalah biasanya bisa diatasi dengan melakukan flash ulang android. Sama seperti factory reset, cara ini juga akan menghapus semua data yang ada di memori internal.

8. Membawa ke service center

Dan cara mengatasi SIM Card Xaiomi tidak terdeteksi yang terakhir adalah dengan membawanya ke service center . Mungkin masalah SIM Card tidak terbaca dikarenakan slot SIM Card yang bermasalah. IC dari slot SIM Card terjadi kerusakan sehingga butuh penggantian dan penanganan lebih lanjut untuk mengatasinya.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi SIM Card Xiaomi tidak terdeteksi paling mudah bisa kamu terapkan. Jika memang cara di atas tidak berhasil, langkah terakhir adalah dengan membawanya ke service center untuk penanganan lebih lanjut. Share artikel ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.