7 Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Keluar Pada Smartphone

7 Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Keluar Pada Smartphone Siapa kini yang tak mengenal Youtube? Yang mana merupakan platform berbagi video secara digital dan dapat di tonton oleh siapa saja. Mulai dari orang biasa, artis, hingga orang pejabat berhak membikin akun. Serta menonton video youtube yang banyak di sajikan oleh konten creator. Akan tetapi, tak sedikit pengguna smartphone android yang mengalami permasalahan pada saat mereka menonton video YT, khususnya live streaming. Masalah ini tidak lain tidak bukan ialah tidak munculnya suara ketika kita menonton streaming tersebut,. Yang pastinya ada suatu penyebab sehingga muncul permasalahan ini.

Ketika pertama kalinya kita menemukan masalah ini, pasti berpikiran kalau sang Youtubers lupa mengaktifkan mic yang mereka gunakan atau terjadi kesalahan teknis lainnya. Namun, apabila sudah kita tunggu tapi tak kunjung muncul audionya, tentu kita pun akan mencoba memperbesar volume video tersebut. Dan hasilnya pun tetap sama saja, yaitu tidak adanya suara yang muncul dari smartphone. Melalui permasalahan tersebut, pastinya kita sudah menduga bahwa terdapat masalah yang serius pada HP android. Yang dapat mengakibatkan audio outputnya tidak ada. Tapi tahukah kamu apa penyebab datangnya error ini? Pasti ada gangguan pada perangkat lunak ataupun keras pada smartphone.

Baca Juga:

Penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan masalah ini sendiri antara lain seperti koneksi internet yang tidak stabil atau sedang mengalami gangguan. Maupun keadaan system android pada smartphone yang lagi mengalami error. Dan juga bisa di sebabkan oleh aplikasi Youtube itu sendiri yang sedang mengalami gangguan. Tapi tenang, gak usah pusing dulu ya. Karena pada kesempatan kali ini Bukandroid sudah berhasil merangkum 7 Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Keluar Pada Smartphone. Yang tentunya sederetan rangkuman tutorial ini akan mudah untuk di pahami serta anda terapkan sendiri.

7 Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Keluar Pada Smartphone

Namun, untuk meningkatkan tingkat keberhasilan beberapa cara di bawah ini. Maka perlu untuk kalian cocokan terlebih dahulu sama penyebab timbulnya masalah ini. Jika satu cara telah di lakukan tapi belom berhasil, jangan mudah menyerah dan coba cara berikutnya yaa.

1. Bersihkan Cache dan Data Pada Aplikasi Youtube

Jika di rasa penyebabnya terletak pada aplikasi YT itu sendiri maka untuk mengatasi hal tersebut kita perlu melakukan beberapa tindakan. Adapun beberapa tindakan tersebut ialah seperti membersihkan semua cache serta data pada aplikasi YT ini dengan melalui pengaturan pada bagian aplikasi. Tapi perlu kalian ketahui terlebih dahulu ya. Kalau, dengan menggunakan cara ini maka anda siap untuk kehilangan data pencarian dan riwayat tontonan yang ikut akan terhapus nantinya. Selain itu juga, setelah melakukan langkah di bawah ini perlu untuk login kembali menggunakan Gmail yang kita inginkan.

Penasaran dengan langkah-langkahnya? Yuk ikuti tutorialnya di bawah ini yaa:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada smartphone milik kamu
  2. Setelah itu lanjut buka menu Manajer Aplikasi atau Pengelola Aplikasi. Setiap ponsel memiliki istilah yang berbeda, jadi cukup di sesuaikan saja
  3. Kemudian cari dan klik Aplikasi Youtube
  4. Lalu klik pilihan Paksa Berhenti
  5. Selanjutnya tekan menu Penyimpanan, kemudian klik Hapus Data dan Hapus Cache
  6. Kalau sudah silahkan kalian buka Aplikasi Youtube serta cobalah untuk menonton video youtube kembali.

2. Melonggarkan Ruang Penggunaan RAM

Apabila kondisi ruang penggunaan RAM milik HP kita telah penuh, maka kemungkinan besar ini lah penyebabnya kenapa suara video YT tersebut tidak ada. Penggunaan RAM sendiri bisa penuh jika kamu membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya dari jendela aplikasi. Selain itu juga banyak effek yang di timbulkan oleh RAM jika penuh. Seperti, HP menjadi cepat panas, daya baterai jadi cepat berkurang, beragam timbulnya masalah pada saat membuka aplikasi lain, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa membersihkan ruang penggunaan RAM ini, dapat kamu lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Menghapus Aplikasi yang tidak terpakai, merupakan cara pertama yang harus kamu lakukan untuk melonggarkan ruang penggunaan RAM. Menghapus app yang tidak di pakai akan berguna untuk menambahkan jumlah ruang yang kosong pada RAM
  2. Tutup Penggunaan Aplikasi yang sudah di gunakan. Sebab seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyebab utama RAM penuh ini di sebabkan oleh banyaknya aplikasi yang sedang terbuka
  3. Kemudian, dengan cara melakukan Penghentian Paksa pada suatu aplikasi. Untuk caranya sendiri cukup lah mudah. Buka Pengaturan HP, klik Pengelola Aplikasi, dan cari Aplikasi yang anda inginkan, setelah itu klik pilihan Paksa Berhenti.

3. Pastikan Kalau Volume Tidak di Mute

Tak jarang juga ada pengguna yang sering lupa kalau ia sebelumnya telah membisukan nada ponsel mereka. Kalau memang smartphone anda dalam keadaan silent, maka tak heran jika suara dari video yang sedang kalian tonton itu tidak muncul. Oleh karena itulah kita perlu mengaktifkannya kembali melalui beberapa cara. Cara gampangnya ialah memalui Menu swipe down atau up pada layar HP yang biasanya berisikan beberapa tombol pintasan. Layaknya tombol power, hemat daya, dan juga mode silent tentunya.

Namun, untuk mengaktifkan suara HP melalui menu pengaturan, kamu bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone milikmu
  2. Lanjut dengan buka opsi Bunyi & Getar
  3. Nah pada opsi tersebut aturlah Volume Media sesuai kebutuhan anda.

4. Restart Smartphone

Melakukan restart pada smartphone merupakan hal yang tepat untuk di coba agar semua sistem android dapat berjalan kembali normal. Selain itu, dengan reboot HP akan menghentikan dan memulai kembali semua aplikasi yang berjalan. Sehingga, kalau memang letak permasalahan ini terdapat pada sistem HP ataupun android, maka akan cepat terselesaikan. Dan juga, pada saat hendak melakukan cara ini, pastikan kamu mencopot baterai beberapa saat dan pasang kembali. Tapi itu juga kalau memang HP mu berjenis baterai removable yaa.

5. Update ke Versi Terbaru

Memastikan kalau aplikasi Youtube pada hp kamu sudah di perbaharui merupakan satu hal yang penting. Karena, jika ada masalah di dalam suatu aplikasi pasti akan cepat terselesaikan apabila sudah di perbaharui ke versi terbarunya. Sebab pada tiap update untuk sebuah aplikasi sendiri pasti terdapat perbaikan pada bug dari penggunaannya. Maka dari itu, untuk dapat memastikannya bisa langsung kamu cek pada Google Play Store dan lihat, apakah aplikasi YT milik kalian sudah terupdate apa belum. Jika belum, maka segeralah untuk memperbaharuinya biar segala masalah pada app tersebut dapat terselesaikan.

6. Install Ulang Aplikasi

Kalau cara diatas masih tidak ada yang menunjukkan hasil seperti yang diharapkan, maka cobalah untuk menginstall ulang aplikasi Youtube tersebut dari perangkat smartphone milikmu. Cara ini cukup ampuh tentunya sebab semua data aplikasi akan terhapus dan terpasang kembali dengan baik tentunya. Serta sedikit kemungkinan aplikasi untuk error kembali jika memang letak masalah ini ada pada perangkat lunak Youtube itu sendiri.

7. Memastikan Kondisi Speaker HP

Cara terakhir yang mesti kamu lakukan adalah memastikan kondisi dari perangkat speaker pada smartphone milikmu dengan berbagai macam cara. Bisa dengan cara mendengarkan musik, video pada media lain, dan lain semacamnya. Nah, apabila melakukan beragam cara tersebut masih belum mendapatkan hasilnya barulah dapat kita simpulkan kalau masalah utamanya terletak pada perangkat speaker HP. Satu-satunya yang dapat menyelesaikan permasalahan ini yaitu dengan cara membawa HP tersebut ke tukang service smartphone.

Penutup

Setelah menyimak artikel kita yang berjudul 7 Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Keluar Pada Smartphone tadi, diharapkan bisa membantu kalian dalam berkreasi menjadi podcaster ya. Sebelum beranjak meninggalkan artikel kita kali ini, alangkah baiknya untuk kamu share terlebih dahulu yaa. Terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini