6 Aplikasi Voice Chat untuk Gamer Terbaik 2019

Aplikasi Voice Chat untuk Gamer Terbaik – Main game merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai oleh banyak pengguna gadget. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis game seru yang bisa dimainkan, baik itu game PC, konsol maupun android. Beberapa game bahkan diadakan turnamennya sendiri. Sebut saja game DotA 2 yang punya turnamen international, dimana turnamennya tersebut menawarkan hadiah yang cukup besar. Selain DotA, ada pula PES dari KONAMI, Mobile Legend: Bang Bang, PUBG dan lainnya yang juga sering diadakan turnamennya.

Aplikasi Voice Chat untuk Gamer Terbaik
Aplikasi Voice Chat untuk Gamer Terbaik 2019

Game-game yang ada ini ada yang berbasis online dan offline. Game online lebih dijadikan favorit dikarenakan menawarkan fitur multiplayer di dalamnya. Fitur satu ini memungkinkan  pemain bisa bermain bersama teman ataupun pemain lain di seluruh dunia. Tetapi juga, akan kurang lengkap main game multiplayer tanpa adanya fitur voice chat. Fitur ini memungkinkan pemain bisa berkomunikasi secara langsung saat bermain game. Hal ini tentu akan membuat permainan semakin seru, dan untuk game berbasis tim ini akan memudahkan koordinasi antar pemain.

Baca Juga:

Mengenai hal ini, tidak semua game disematkan fitur voice chat. Tapi tenang saja, kamu bisa memanfaatkan aplikasi voice chat khusus yang memang didesain untuk keperluan game. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi voice chat untuk gamer terbaik yang bisa digunakan di PC maupun mobile.

6 Aplikasi Voice Chat untuk Gamer Terbaik 2019

1. Garena Talk

Rekomendasi aplikasi voice chat untuk gamer terbaik yang pertama bisa kamu pilih adalah Garena Talk. Seperti yang kita tahu, Garena merupakan salah satu developer game yang cukup eksis dan terkenal di Indonesia. Tidak hanya game saja, ternyata Garena juga menghadirkan aplikasi khusus yang memungkinkan gamer bisa berinteraksi atau berbicara langsung dengan gamer lainnya. Garena Talk bisa kamu unduh dan install secara gratis, nimati aktivitas bermain game seru bareng teman dengan aplikasi ini.

Aplikasi Garena Talk ini akan lebih berguna untuk kamu yang sering main game multiplayer berbasis tim, seperti MOBA. Koordinasi antar anggota tim akan lebih mudah dengan adanya fitur ini. Tidak sampai disitu saja, aplikasi voice chat bawaan dari Garena ini juga sangat mudah digunakan. Kamu tinggal menginstall, kemudian jika ingin diaktifkan cukup pilih mode “Bicara Sekarang” yang letaknya berada di atas kolom chat.

2. Discord

Discord merupakan aplikas voice chat untuk gamer yang support dengan berbagai platform. Itu artinya kamu bisa menggunakan aplikasi di PC ataupun di mobile android. Discord ini sendiri sudah sangat terkenal dan selalu menjadi pilihan favorit para gamer. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Discord memungkinkan gamer berinteraksi atau berkomunkasi dengan mudah saat bermain game. Cara kerjanya mirip seperti group chat, hanya saja komunikasinya berbasis suara.

Tidak hanya berkomunkasi langsung lewat suara, Discord juga menyediakan fitur text chat. Dengan fitur ini pengguna bisa berkomunkasi melalui pesan teks. Cara menggunakan aplikasi Discord juga sangat mudah, kamu cukup membuat room sendiri kemudian mengajak teman untuk ikut masuk ke room tersebut. Dengan begitu kalian bisa saling berinteraksi satu sama lain di dalam room yang dibuat tadi.

3. TeamSpeak 3

Selain aplikasi Discord, TeamSpeak 3 juga menjadi salah satu aplikasi voice chat yang cukup diminati oleh banyak gamer di seluruh dunia. Aplikasi TeamSpeak 3 juga termasuk aplikasi voice chat untuk gamer yang multi-platform. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini tidak hanya di HP android saja, melainkan juga di PC atau laptop. Tapi sayangnya, aplikasi TeamSpeak tidak disediakan secara gratis di Google Play Store salah satunya. Kamu diharuskan untuk membelinya seharga Rp 27.000,- untuk bisa menggunakannya.

Untuk cara menggunakannya sendiri juga sangat mudah. Kamu bisa memulainya dengan membuat room lalu mengajak teman untuk ikut masuk ke room tersebut agar bisa salin berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi TeamSpeak 3 ini juga sangat cocok untuk kamu yang sering main game sambil live di Youtube.

4. Razer Comms – Gaming Messenger

Satu lagi aplikasi voice chat untuk gamer terbaik yang tidak kalah populer digunakan yakni Razer Comms. Aplikasi satu ini tidak hanya menawarkan fitur voice chat saja, melainkan juga bisa mengirim pesan teks. Sesuai dengan namanya, aplikasi Razer Comms ini dibuat oleh developer Razer yang juga cukup terkenal di dunia game.

Aplikasi Razer Comms juga termasuk aplikasi multi-platform, dimana kamu bisa menggunakannya di HP android maupun PC atau laptop. Cara penggunaannya juga terbilang mudah, kamu cukup membuat akun dan room sendiri. Nantinya kamu bisa mengajak teman untuk bergabung di room agar bisa saling berkomunikasi saat main game.

5. Overtone

Aplikasi Overtone bisa kamu jadikan sebagai alternatif lain untuk menikmati fitur voice chat saat main game. Overtone ini juga bisa digunakan di segala perangkat, dengan keunggulannya yang diklaim tidak memakan  resource perangkat. Ini tentunya sangat cocok digunakan oleh kamu yang menggunakan perangkat berspek standar untuk kebutuhan main game. Masalah seperti game nge-lag atau hang tidak akan terjadi saat menggunakan aplikasi ini.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, karena fitur-fitur dan tampilan interface-nya dibuat cukup sederhana dan User Friendly. 

6. Steam Chat

Aplikasi voice chat untuk gamer terbaik satu ini dikhususkan untuk kamu yang suka beli game melalui Steam. Aplikasi Steam Chat akan langsung terintegrasi dengan game yang kamu beli dari Steam tersebut. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi mendownload dan menginstall-nya. Penggunaannya juga terbilang mudah dan nyaman digunakan untuk berkomunikasi saat main game tentunya.

Penutup

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi voice chat untuk gamer terbaik yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share ke akun media sosial pribadi kamu agar artikel ini bisa bermanfaat untuk orang lain.