5 Manfaat GDrive Jarang Diketahui

195
5 Manfaat GDrive Jarang Diketahui
5 Manfaat GDrive Jarang Diketahui

5 Manfaat GDrive Jarang Diketahui Siapa yang tidak kenal dengan fitur penyimpanan dari Google? Google Drive, merupakan media penyimpanan data berbasis online atau cloud server. Selain dapat ditemukan pada browser komputer, Google drive juga telah lama hadir di dalam perangkat Android dengan nama Gdrive. Jadi, memang tak heran kalau aplikasi ini sudah banyak dikenal dan dipakai oleh para pengguna smartphone. Bahkan Hangouts juga memungkinkan para pengguna mereka untuk melakukan backup data pada akun Gdrive. Hal ini dikarenakan Gdrive sendiri dapat melakukan sinkronisasi data dengan beberapa aplikasi tertentu seperti Gmail, Hangouts, dan lain-lain.

5 Manfaat GDrive Jarang Diketahui

Pihak Google memberikan kapasitas penyimpanan yang dapat di akses gratis oleh semua orang di setiap satu akun ialah sebesar 15 GB. Namun, kita juga masih bisa menambah kapasitas cloud tersebut dengan cara menggunakan layanan berbayar pada aplikasi Gdrive. Tidak hanya berguna untuk menyimpan file, Google Drive juga terhubung dalam fitur google yang lain layaknya seperti google search, gmail dan masih banyak lagi. Sehingga mempermudah sebagian user dalam mengakses data yang ia punya. Layanan google drive ini sudah hadir sejak 24 April 2012 dan semakin berkembang sampai detik ini.

Baca Juga:

Manfaat dari Gdrive ini semakin banyak di rasakan dari waktu ke waktu, terutama pada bidang pendidikan dan industri. Dengan terdapatnya layanan gratis google ini, setiap orang akan dapat dengan mudah melakukan pengiriman serta pengeditan data secara real time. Akan tetapi, selama ini google drive hanya di anggap sebagai media penyimpanan biasa bagi sebagian orang. Padahal Gdrive sekarang mempunyai banyak sekali fungsi yang bisa mempermudah pekerjaan kita selain cuma menyimpan file saja. Oleh karena itu, pada artikel Bukandroid kali ini, kita akan membahas seputar manfaat tersembunyi yang mungkin sebagian besar belum kamu ketahui.

5 Manfaat GDrive Jarang Diketahui

Google Drive yang saat ini banyak sekali digunakan oleh pengguna perangkat komputer dan smartphone, memiliki beragam fungsi tersembunyi yang bisa membantu kamu dalam melakuakn aktivitas selain cuma menyimpan data saja. Untuk mengetahui lebih dalam fungsi apa saja kah itu, berikut beberapa ulasannya sudah saya sajikan dibawah ini.

1. Mengedit File Bersamaan

Sudah tahukah kamu bahwa pada Cloud server dari google ini kita dapat melakukan edit dokument secara bersama dengan orang lain yang sebelumnya sudah mendapat akses. Pengerjaan document tersebut jelas dilakukan secara real time setelah satu pihak luar yang sudah mendapatkan akses editnya. Tentu hal ini akan sangat berguna bagi kalian yang kesulitan dalam mengerjakan tugas di masa pandemi sekarang notabene nya harus melakukan social distancing. Selain ia membawakan desain penyimpanan otomatis secara real time, ia juga dilengkapi update history yang sangat cepat.

Supaya bisa mengedit file doc secara bersamaan, anda harus telebih dahulu mengganti Setting saat membagikan file nya. Lebih jelasnya kamu bisa melihat langkah-langkah nya di bawah ini :

  1. Klik kanan atau tahan pada file dokument yang mau anda edit bersama, kemudian pilih Dapatkan Link Yang Bisa Dibagikan
    edit bersama
  2. Perhatikan bagian bawah kolom link, akan ada opsi Dibatasi. Klik Dibatasi dan rubah ke pilihan Siapa Saja Yang Memiliki Link
    edit
  3. Kita lanjut dengan klik menu Pengakses lihat-saja, rubah ke dalam opsi Editor supaya orang yang mempunyai link tersebut juga dapat melakukan edit secara bersamaan dengan kalian
  4. Sampai disini sudah selsai, tinggal kamu bagikan saja link tersebut kepada teman yang mau kamu ajak untuk mengeditnya bersama.

2. Sebagai Backup Data WhatsApp

Siapa yang tak memiliki social media WhatsApp? Tentu hampir di semua perangkat android kini telah terinstall aplikasi yang satu ini. WhatsApp sendiri merupakan satu dari kian banyak apl perpesanan instan yang populer di masyarakat kita. Dalam pencangan data penggunanya, pihak WA sudah bekerjasama dengan Google Drive sebagai media penyimpanan backup dari setiap data user. Karena backup ini sendiri sangat dibutuhkan pengguna ketika hendak mau mengganti akun WA mereka pada HP yang baru. Dimana mengharuskan kita untuk restore data agar semua percakapan, foto, dan data lainnya ikut terpindah kedalam perangkat baru tersebut.

Sebagai Backup Data WhatsApp

Untuk cara pencadangan data backup dari WA kedalam Gdrive ini sendiri bisa kalian ketahui berikut ini :

  1. Terlebih dahulu masuk kedalam menu Setelan whatsapp, kemudian klik menu Chat
  2. Setelah itu lanjut dengan menekan Cadangan chat
  3. Dan tinggal tunggu proses backupnya hingga selesai.

3. Membuat Catatan Langsung

Untuk mencatat suatu hal yang penting, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi notes atau semacam nya lagi jika sudah ada Gdrive. Sebab didalam Google Drive kini telah hadir penyimpanan catatan bernama Google Keep yang secara otomatis bisa terintegrasi melalui Google Drive. Kalau kalian butuh sebuah catatan sebagai pengingat, kalian juga dapat mengatur hari, jam, beserta tanggal pengingat yang di inginkan. Pengingat ini nantinya akan memberikan suatu notifikasi secara langsung melalui perangkat handphone dan komputer kamu.

4. Mindmup

Bagi kalian karyawan kantoran pastilah membutuhkan yang nama nya perencanaan bisnis atau peta pikitan dalam menyusun ide-ide untuk menunjang pekerjaan anda. Nah kalian yang sudah memiliki GDrive bisa menemukan fitur tersebut melalui Mindmup. Pada saat anda membuat perencanaan bisnis atau lain sebagainya pada Mindmup, maka akan terseimpan secara otomatis kedalam storage akun Gdrive kamu. Tapi sayangnya fitur ini cuma dapat kalian temui melalui Drive google yang dibukak dari browser HP ataupun komputer, belum tersedia dalam aplikasi Gdrive android.

Mindmup

Berikut ini cara memakai fitur Mindmup pada Google Drive :

  1. Buka browser kamu dan masuk kedalam website Google Drive terlebih dahulu, atau bisa langsung dengan cara klik disini
  2. Kemudian klik ikon roda gigi di pojok kanan atas, dan klik menu Setelan
  3. Tidak selang lama akan muncul sebuah dialog popup pengaturan, pilih opsi Kelola Aplikasi
    step 1
  4. Llau tekan menu yang bertulisan Hubungkan aplikasi lainnya. Lihat gambar atas lebih jelasnya
  5. Tekan kotak Telusuri apps dan cari MindMup 2.0 For Google Drive
  6. Dan langkah terakhir tekan Install

Catatan: Untuk penjelasan lebih jelasnya mengenai cara pemakaian fitur ini kalian bisa mengunjungi situs Mindup langsung disini

5. Berbagi File

Kelebihan terakhir yang masih jarang orang ketahui adalah fitur share link yang berguna untuk membagi segala file yang kita simpan didalam akun Gdrive. Hal ini sangat simple di lakukan ketimbang repot-repot menggunakan flasdisk apalagi untuk mengirim file berukuran cukup besar. Cara nya juga cukup mudah, klik atau tahan file yang hendak mau anda bagi, kemudian klik Bagikan dan salin Tautan Link. Namun, kekurangan dari cara berbagi file ini adalah file tersebut perlu di download oleh si penerima terlebih dahulu. Dimana akan memakan kuota untuk bisa menyimpan file dari tautan link tersebut.

Penutup

Setelah anda membaca rangkuman di atas saya harap sudah mengetahui dengan pasti fitur tersembunyi yang telah disajikan oleh gdrive untuk mempermudah persoalan pekerjaan kita. Baiklah, saya rasa cukup sampai disini pertmuan kita. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, terimakasih.

Artikel SebelumnyaCara Menambah Teman di WhatsApp yang Mudah
Artikel Selanjutnya7 Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP Lebih Awet
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini