5 Cara Mempercepat Download di Android Termudah

Cara Mempercepat Download di Android – HP android sudah bukan menjadi perangkat gadget khusus kalangan atas saja. Masyarakat kalangan menengah ke bawah juga sudah banyak yang memiliki HP android. Ini karena semakin banyaknya vendor HP android yang bermunculan dan menghadirkan smartphone android termurah. Persaingan harga yang semakin ketat, beberapa vendor menawarkan harga termurah dengan spesifikasi HP mumpuni.

Cara Mempercepat Download di Android
Cara Mempercepat Download di Android

HP android semakin dicintai karena kegunaannya yang cukup fleksibel. Mulai dari mencari informasi, bersosial media, streaming film hingga main game. Tetapi demikian, salah satu aktivitas yang tidak pernah luput dilakukan di HP android adalah mendownload. Bisa mendownload video atau film, game, atau jenis file lainnya.

Baca Juga:

Saat mendownload file melalui HP android, hal yang membuat kita sebal adalah speednya yang lambat alias lelet. Apalagi saat kita mendownload file berkapasitas besar, bisa-bisa sampai berjam-jam untuk menunggunya selesai. Sebenarnya ada cara mempercepat download di android yang mudah bisa kamu terapkan. Selengkapnya lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mempercepat Download di Android Paling Efetif

Speed download yang cepat, pastinya akan lebih menghemat waktu. Berbeda dengan saat speed download lelet, tidak jarang membuat kita bosan dan bahkan emosi tingkat tinggi. Setidaknya ada 5 cara mempercepat download di android yang bisa kamu terapkan. Caranya juga sangat mudah dan efektif pastinya.

1. Menggunakan aplikasi download manager

Cara mempercepat download di android yang paling mudah dan efektif pertama adalah memanfaatkan aplikasi download manager. Cara ini tidak hanya mendukung di platform PC saja, melainkan juga bisa diterapkan di android. Di Google Play Store bisa kita temukan banyak sekali aplikasi download manager android. Beberapa ada yang mengklaim mampu mempercepat speed download hingga 500%.

Kalau di PC kita akrab dengan aplikasi IDM, di android aplikasi yang paling populer adalah Download Manager atau IDM+. Aplikasi satu ini dibuat oleh GSTMaid.com dan tersedia dalam 3 versi aplikasi. Beberapa versi aplikasi garapan GSTMaid.com tersebut antara lain:

Ketiga aplikasi di atas bisa kamu jadikan cara mempercepat download di android yang paling efektif. Versi free dan berbayar pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Menggunakan aplikasi ini akan membuat kecepatan download di android meningkat hingga 500%. Mendownload file berkapasitas besar sekalipun tidak akan butuh waktu yang lama.

2. Menggunakan aplikasi VPN

Cara mempercepat download di android paling mudah dan efektif berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi VPN. Aplikasi VPN memungkinkan kita mengakses internet dengan menggunakan alamat IP dari negara lain. Dengan begitu, secara otomatis akan membuat speednya meningkat drastis sesuai IP Address negara yang dipilih.

Seperti yang kita tahu, speed jaringan di Indonesia cukup lambat jika dibandingkan dengan negara lain, seperti Singapura, Jepang atau negara di Eropa. Karena hal inilah, banyak pengguna gadget di Indonesia yang memilih intenetan dengan menggunakan alamat IP dari negara lain. Alhasil speednya semakin cepat dibanding sebelumnya.

Ada banyak pilihan aplikas VPN gratis di android yang bisa kamu pilih. Beberapa rekomendasi aplikasi VPN android untuk mempercepat download di android, antara lain:

3. Beralih ke provider lain

Kecepatan download yang melambat di android mungkin dikarenakan sinyal operator yang kamu gunakan sangat buruk. Ini karena tidak semua daerah bisa dijangkau oleh jaringan dari beberapa provider di Indonesia. Pastikan kamu menggunakan provider yang punya sinyal terkuat di daerah kamu.

Salah satu provider yang bisa dibilang paling luas jangkauannya adalah Telkomsel. Selain jangkauan luas, sinyal dari Telkomsel bisa dibilang paling cepat untuk urusan download dan uploud. Apalagi jika daerah kamu sudah tercover oleh jaringan 4G LTE, kecepatan downloadnya bisa sampai 5-10 Mbps.

4. Menggunakan jaringan Wifi

Dibandingkan dengan jaringan data seluler, jaringan wifi bisa dibilang lebih cepat dan stabil. Hal ini tentu akan membuat kecepatan download file di android semakin meningkat dan stabil. Tapi pastikan dulu jaringan wifi yang kamu gunakan tidak juga digunakan oleh pengguna lain yang jumlahnya cukup banyak. Karena meskipun jaringan wifi, tapi biasanya juga punya batas kecepatan tersendiri. Inilah cara mempercepat download di android paling efektif dan mudah diterapkan.

5. Menghentikan aplikasi yang berjalan di backgorund

Dan cara mempercepat download di android yang terakhir adalah dengan menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Selain bisa menguras daya baterai dan membebani kinerja sistem android, ternyata hal ini juga bisa memperlambat kecepatan download di android. Karena itulah, jika ingin kecepatan download di android meningkat maka harus menghentikan semua aplikasi tersebut.

Untuk cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tertentu. Beberapa rekomendasi aplikasi tersebut seperti:

  • Clean Master
  • CCleaner
  • Greenify
  • RAM booster – Memori optimizer
  • Dll.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mempercepat download di android paling mudah dan efektif bisa kamu terapkan. Jangan lupa share ke akun media sosial kamu agar bermanfaat untuk orang lain.