SHARE
Cara Paling Mudah Unlock Bootloader Xiaomi
Cara Paling Mudah Unlock Bootloader Xiaomi

Semenjak pertengahan tahun 2016, Xiaomi menghadirkan sistem Lock Bootloader terbaru dimana pengguna diharuskan untuk Unlock bootloader terlebih dahulu jika ingin pasang TWRP, Root, Xposed, dll. Dengan Alasan keamanan dan memperjelas perbedaan antara Xiaomi original dan Xiaomi palsu.

Pada Smartphone Xiaomi yang sebelumnya, kita sangat dimudahkan untuk proses root dan TWRP. Dengan hanya menggunakan recovery bawaan saja.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi terbaru yang dibagikan ini bisa dilakukan untuk HP Xiaomi yang menggunakan sistem Lock bootloader. Seperti :

  • Mi 5
  • Redmi 3 , 3 pro, 3s, 3x ,3s prime,
  • Redmi 4, 4A, 4X, 4 Prime
  • Redmi Note 3, Note 3 Pro,Kenzo
  • Redmi Note 4, Note 4x
  • dll.

Tidak ada perbedaan cara unlock bootloader Xiaomi. Hanya saja, unlock bootloader Xiaomi sering gagal yang membuat pengguna frustasi dan berhenti untuk UBL Xiaomi.

Banyak pengguna yang mendapatkan error Couldn’t Verify Device . Atau dengan kata lain MiFlash Unlock tidak bisa mengidentifikasi Xiaomi yang ingin di UBL, padahal sudah request Unlock bootloader dan sudah mendapatkan Sms izin untuk UBL.

Keuntungan Unlock Bootloader Xiaomi

Melakukan Unlock bootloader bisa dibilang harus, gak harus. karena tergantung dari pengguna. Apakah memang butuh, atau tidak. Berikut keuntungan UBL Xiaomi :

  1. Bisa Root Xiaomi.
  2. Bisa Pasang TWRP Xiaomi.
  3. Bisa Pasang Xposed Xiaomi.
  4. Dan bisa melakukan tweak lainnya.

Jika Xiaomi kamu sudah di Unlock. Maka kamu bisa pasang TWRP, yang nantinya akan memudahkan Kamu untuk melakukan Instalasi ROM, Root, Xposed dll. Contoh nya kamu ingin menginstal Custom ROM dll.

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi ini mengharuskan kamu untuk siap dengan segala resiko seperti serangan malware, mudah di flash ulang apabila hp Xiaomi dicuri, dll. Itu lah sisi negatif dari Unlock Bootloader Xiaomi.

Baca Juga  Cara Instal Xiaomi.EU Redmi 4 / 4A / 4X / 4 Prime Dengan TWRP

Baca Juga :

Penyebab Gagal Unlock Bootloader Xiaomi

Beberapa hal yang menyebabkan UBL Xiaomi gagal atau error adalah sebagai berikut :

  1. HP tidak terdeteksi
    Untuk melakukan proses UBL, pastikan Perangkat sudah terdeteksi dengan cara menggunakan perintah ADB yaitu ADB Devices
  2. Belum Request Unlock Bootloader
    Xiaomi mengharuskan pengguna untuk request atau apply unlock bootloader terlebih dahulu. Dengan kata lain, pengguna harus meminta izin kepada Xiaomi dengan mengisi data diri dll di http://en.miui.com/unlock/
  3. Belum diberikan izin untuk Unlock bootloader
    Tidak hanya Request Unlock bootloader. Jika kamu ingin UBL, kamu harus sudah diberikan Izin UBL terlebih dahulu. Bukti bahwa kamu sudah mendapatkan izin adalah, akan mendapatkan SMS izin dari Xiaomi. Jadi isilah data asli, dan gunakan nomor aktif.
  4. Menggunakan ROM Global
    Beberapa pengguna Xiaomi yang menggunakan ROM Global, akan mengalami error Couldn’t Verify device . Jadi disarankan untuk Pindah ke ROM Developer China. Dan setelah nya coba untuk melakukan UBL kembali.
  5. Koneksi Internet
    Proses Unlock bootloader ini membutuhkan Koneksi Internet. Jadi pastikan PC yang kamu gunakan sudah terhubung ke internet.
  6. Sudah Pernah Unlock Bootloader
    Xiaomi membatasi pengguna untuk melakukan Unlock bootloader. 1 Akun hanya bisa Unlock 1 Device tiap Bulan nya. Jika kamu ingin Unlock Bootloarder dengan akun yang sama, tunggulah 1 bulan sejak kamu ubl.

Seperti yang mimin katakan diatas, banyak sekali pengguna yang gagal unlock bootloader jika menggunakan ROM Global. Jadi jika kamu selalu gagal, silahkan pindah ke ROM Developer China ya 🙂 .

Persyaratan Unlock Bootloader

Kamu harus memenuhi persyaratan UBL dibawah ini. Karena sangat penting dalam proses Unlock bootloader.

  1. Punya Akun Xiaomi.
  2. Request Unlock Bootloader di http://en.miui.com/unlock/
  3. Sudah dapat sms izin unlock bootloader.
  4. Koneksi Internet.
Baca Juga  Yuk Cobain Kerennya Theme Xiaomi Mi 6 di HP Xiaomi Kamu

Bahan Bahan Unlock Bootloader

Silahkan persiapkan Bahan bahan dan tool dibawah ini. Yang nantinya akan kita gunakan untuk melakukan UBL.

  1. Download MiFlash Unlock
    Download MiFlash Unlock . dan kemudian Extract file hasil download. Dengan cara Klik kanan > Extract Here .
  2. PC dengan koneksi Internet
    Pastikan PC yang kamu gunakan terhubung dengan Internet.
  3. ADB
    Download ADB . Dan kemudian Instal. Nanti akan muncul CMD. silahkan ikuti saja perintahnya, dengan menekan Y >Y >Y . Mimin lupa berapa kali.
  4. Kabel USB
    Silahkan gunakan kabel USB ORI,atau USB yang mirip. Mimin menggunakan Kabel USB Ori, harusnya sih gk ada beda.

Langkah Langkah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Terbaru

Langkah Langkah
Langkah Langkah

Setelah kamu selesai dengan persyaratan dan menyiapkan Bahan bahan diatas. Berarti kamu sudah siap untuk melakukan proses Unlock Bootloader ini. Berikut Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi.

  1. Instal ADB dan extract MiFlash unlock yang sudah kamu download tadi.
  2. Jalankan MiFlash Unlock, dan login menggunakan akun Xiaomi yang sudah dapat izin unlock bootloader.
  3. Aktifkan USB Debugging dan OEM unlock pada HP xiaomi mu.
  4. Jika di developer Options HP xiaomi mu ada menu Mi Unlock Status , silahkan di klik dan kemudian tekan Add Account And device
  5. Login ke i.mi.com dan tekan Find Device. Pastikan HP mu terdaftar dengan nomor HP yang sama. Dan Lokasi mu terdeteksi. Jangan lupa aktifkan Find Devices pada HP Xiaomi mu. Cara, masuk ke Pengaturan > Mi Account > Find devices.
  6. Matikan HP Xiaomi dan masuk lah ke Fastboto Mode. Dengan Cara Tahan volume Down + Power sampai muncul Fastboot Mode.
  7. Hubungkan PC dengan HP Xiaomi menggunakan Kabel USB.
  8. Pada MiFlash Unlock. Silahkan tekan Unlock. Tunggulah proses nya.
Baca Juga  Cara Mudah Ganti Font Xiaomi MIUI 8 Tanpa Root

Itulah langkah langkah Unlock Bootloader Xiaomi. Silahkan diikuti dengan Seksama. Jika kamu gagal, cobalah untuk Pindah ROM ke ROM Developer China . Karena pada dasarnya, Unlock bootloader hanya untuk ROM Developer China. Tapi, beberapa orang ada yang berhasil Unlock bootloader pada ROM Global.

Cara Mengasi Error Couldn’t verify Device

Ini adalah hal yang membuat pengguna frustasi unlock bootloader Xiaomi. Walaupun sudah mengikuti berbagai cara, tetapi tetap saja mendapatkan Error Couldn’t verify device.

  1. Pindah ke ROM Developer China
  2. Pastikan Device terdeteksi di I.mi.com dan lokasi kamu terdeteksi dengan benar. Kalau berbeda dikit tidak apa apa.
  3. Jalankan ADB, dan ketikan ADB Devices.
  4. Sebelum menekan tombol Unlock, cobalah untuk Mematikan koneksi internet 10 detik. Kemudian aktifkan lagi koneksi internet dan tunggu lagi 10 detik. Silahkan lanjut menekan tombol Unlock.

Baca Juga :

Sekian Cara Unlock Bootloader Xiaomi dan cara mengatasi Erro Couldn’t Verify device. Semoga bisa bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya, mimin akan berusaha untuk menjawab.

Kesimpulan

Lakukan Unlock bootloader jika kamu memang butuh. Jika proses unlock bootloader tetap gagal, cobalah untuk mengganti ke ROM Developer China.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here