Kenapa Xiaomi Banyak Masalah, Tidak Bisa 4G dan Murah

Buat kamu yang baru akan membeli atau menggunakan HP Xiaomi, pasti bingung dan ragu karena banyak sekali sisi negatif dari HP Xiaomi yang murah. Oleh karena itu, mimin akan sedikit menjelaskan Tentang HP Xiaomi yang murah, banyak masalah, tidak bisa 4G dll.

Xiaomi merupakan sebuah perusahaan Smartphone di China yang dibangun sejak Tahun 2010. Dalam beberapa tahun, nama Xiaomi banyak sudah dikenal di berbagai belahan Dunia begitupun dengan Indonesia. Pada awal-awal kehadiran Xiaomi di Indonesia, yaitu Xiaomi Redmi 1S yang merupakan HP best Budget pada saat itu dan dibicarakan di berbagai media.

Kenapa Xiaomi Murah

Kenapa Xiaomi Murah

Kenapa Xiaomi Murah

Xiaomi memang terkenal dengan perusahaan smartphone dengan spesifikasi tinggi dan harga yang cukup murah. Lalu kenapa Xiaomi Murah?

Tidak ada Iklan

Beberapa minggu lalu, Xiaomi mengatakan bahwa “Menghabiskan uang untuk beriklan bukanlah gaya kami”. Seperti merek lain yang berlomba-lomba mengiklankan produk mereka di TV dan media lainnya. Biaya beriklan itu gak murah loh, apalagi kalau sampai sering tayang di televisi.

Produksi Secara Berkala

Misal, Xiaomi merilis Xiaomi Mi Max dengan harga 3.5 Juta, namun beberapa bulan kemudian harganya turun menjadi 2.5 Juta, Kenapa? itu karena mereka memproduksi HP dengan terbatas. Komponen-komponen yang digunakan di HP Xiaomi tentunya dalam beberapa bulan harganya turun kan? begitu juga dengan Xiaomi. Pada saat awal perilisisan, harga komponen seperti GPU dll tentunya akan mahal, namun dalam beberapa bulan pasti akan turun. Nah, Xiaomi akan memproduksi HP Xiaomi Mi Max lagi dengan menggunakan Komponen yang harganya sudah murah, selanjutnya Xiaomi akan menjual Produk tersebut dengan harga yang murah.

Kenapa Xiaomi Banyak Masalah

Inilah hal yang pasti membuat kamu tidak mau membeli HP Xiaomi, banyaknya keluhan yang kamu dengar dari Konter, atau toko HP, atau dari group Facebook dll.

Membeli Garansi Distributor atau ilegal

Kebanyakan produk Xiaomi yang ada di Indonesia itu adalah ilegal. Para distributor non Resmi(Orang yang membawa masuk Produk Xiaomi secara ilegal) banyak melakukan Modifikasi pada ROM atau Software Xiaomi. Hal ini lah yang mengakibatkan banyak masalah pada HP Xiaomi, seperti

  • Banyak Iklan.
  • Aplikasi Force Close.
  • Fingerprint gak bisa.
  • Boros.
  • dll

Pernah dengar orang di konter HP bilang, Xiaomi ini banyak masalah, banyak iklan, urus garansi 2 bulan. Ya iyalah, kamu beli HP Xiaomi ilegal dan berharap Murah dalam mengurus garansi? Waduh.

Jadi Intinya, JANGAN BELI PRODUK ILLEGAL JIKA TIDAK INGIN RIBET. Beli lah Produk Resmi, harganya cuma beda 200-300 ribuan kok.

Baca Juga :

Komunitas di Group Facebook

Kenapa Komunitas di Group facebook yang disalahkan? Begini, group Facebook tentang Xiaomi itu sangat banyak, member nya pun sangat banyak. Banyak dari mereka yang melaporkan kendala, masalah, human error yang terjadi ke Group Facebook tersebut dan Para Mata-mata atau calon yang mau membeli Xiaomi jadi ragu untuk membeli, dan bahkan mereka kadang salah menyimpulkan ketika terjadi masalah yang sebenarnya itu salah User Xiaomi Sendiri.

Jadi inti nya dimana? coba liat group Facebook lain? Rame kagak? Postingannya gimana? beda bukan? apakah group nya sepi? Nah, karena gak ada yang melaporkan masalah nya ke Group Facebook jadi siapa yang tau? Namanya juga barang Elektronik pasti ada yang namanya cacat produksi, merek apa aja pasti. Tapi kita gak tau. Dan di Group Xiaomi, itu semua ramai banget yang pake.

Kenapa Xiaomi Tidak Bisa 4G

Gak bisa 4G? 4G di kunci? pada awal-awal Xiaomi 4G masuk secara resmi di Indonesia, mereka gak bayar Pajak 4G. Sehingga, software nya itu di LOCK atau di KUNCI. Karena itulah marak yang namanya Unlock 4G, Fix 4G, dll.

Banyak Konter yang bilang. “Jangan di update, nanti gak bisa 4G”, “4G di lock ini”. HANYA BEBERAPA PRODUK XIAOMI YANG 4G di LOCK. Kemaren mimin membeli Redmi 4 Prime untuk temen (GARANSI Ilegal), dan disuguhkan sebuah kertas yang udah di laminating, isinya adalah beberapa persyaratan atau info tentang HP Xiaomi, berikut pernyataannya.

  • Jangan Update ROM, nanti 4G Hilang.
  • Kalau mau FIX 4g, bayar 75k.
  • urus Garansi 2bulan.

Padahal, Redmi 4 Prime itu sama sekali tidak di kunci 4G nya alias 4G nya aman. Lah kenapa mereka bilang gitu? Karena pengetahuan konter yang sedikit. berikut Produk Xiaomi yang 4G nya di Lock.

  1. Xiaomi Redmi 3, 3 Pro, 3 Prime.
  2. Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek.
  3. Xiaomi Redmi Note 3 Pro Snapdragon.

Cuma itu kyknya, kalau ada yang lain, komentar dibawah ya 🙂 .

Setelah mimin menjelaskan segala hal yang berbau negatif diatas, sekarang mari kita kebagian positif.

Apa yang menarik dari Xiaomi

Silahkan simak ya 🙂 . Semoga bisa memberi kamu sedikit pencerahan dari Xiaomi.

MIUI

MIUI

MIUI

Siapa yang gak kenal MIUI (dibaca Mi-yu-ai) ?. MIUI adalah ROM yang dikembangkan oleh Xiaomi dengan tampilan yang sangat menawan dan fitur yang cukup banyak. Apa saja fitur nya? Sedikit mimin tulis dibawah

  1. Tampilan keren.
  2. Tampilan Notifikasi Drawer Keren.
  3. Tema bervariasi
  4. Dual Apps
  5. Screen recorder yang support System Sound.
  6. Lock Apps
  7. Second Space
  8. Lock SMS
  9. Lock Gallery.
  10. Mi Cloud
  11. Dan masih banyak lagi.

Kenapa mimin hanya tulis segitu? itu karena Xiaomi terlalu sering memberikan Update. Apalagi kalau kamu menggunakan ROM MIUI Developer maka kamu akan mendapatkan Update Mingguan setiap hari Jum’at. Ini ada Video tentang tampilan dan fitur MIUI, tapi Ingat INI MIUI 8 yang udah JADUL, versi yang sekarang lebih banyak lagi.

Komunitas MiFans

Komunitas Mi-Fans

Komunitas Mi-Fans

Xiaomi terkenal dengan MiFans yang tersebar dimana-mana, dan bahkan sering melakukan gathering untuk membantu masalah atau ingin mengoprek Xiaomi. Mau bayar untuk Oprek Xiaomi? boleh banyak kok. Atau mau Gratis buat oprek Xiaomi? ada juga kok, itu tergantung dari tempat kamu tinggal.

Tweak, Custom ROM yang banyak

Untuk kamu yang suka Oprek Oprek Android, seperti tweak dan custom ROM, Xiaomi menjadi pilihan yang cukup tepat. Silahkan aja cek ke XDA atau di Website ini. Banyak banget seperti Custom ROM, Tweaking camera, performa, dll. Mimin dulu sempat pindah dari Redmi 1S ke Meizu M2 Mini, namun ketika mimin cek ke XDA dan forum-forum lain ternyata Sepi, cuma Root,twrp doang, custom rom pun waktu itu blm ada. Akhirnya mimin jual tuh meizu m2m ( Cuma dipake 2 bulan, tepatnya July 2016 – Agustus 2016).

Harga Murah

Harganya murah, dan spesifikasi yang cukup Mumpuni. Ada beberapa brand yang juga menyaingi harga dan spesifikasi Xiaomi seperti Meizu, Infinix, Himax. Tapi, Himax kabar nya gimana sekarang? ada update an ga? hihi 🙂 .

Jadi gimana? Setelah membaca artikel diatas apakah bisa membantu dan sedikit memberi pencerahan? Mimin tidak bilang kalau merek lain itu jelek, buluk, dll. Tetapi karena Budget Mimin tipis (blog aja gak ada iklan) tentu saja mencari yang murah dan spesifikasi tinggi. Tapi, kalau seandainya mimin punya banyak duit sih kyknya tetap bakal pakai Xiaomi ( Mi note 2? Mi mix? MI 6?).

Jangan lupa share artikel ini ke temen-temennya ya, supaya mereka tau juga dan gak asal jeplos lagi. Kalau kamu orang konter yang bilang semua Xiaomi gak bisa 4G dan bahkan kasih kertas yang dilaminating, mending buang jauh-jauh tuh kertas. Gak malu apa kalau yang beli itu MiFans dan diketawain atau bahkan di foto 🙂 .