Cara Re-Lock Bootloader Xiaomi dengan ADB

On Sunday, April 23rd, 2017

Cara Re-Lock Bootloader Xiaomi dengan ADB – Jika bisa melakukan Unlock Bootloader, tentu saja kamu juga bisa melakukan Re-Lock bootloader Xiaomi dengan ADB. Kita tidak membutuhkan Aplikasi seperti MiFlash Unlock atau sejenisnya. Cukup menggunakan Aplikasi Minimal ADB and Fastboot saja.

Cara Relock Bootloader Xiaomi dengan ADB

Cara Relock Bootloader Xiaomi dengan ADB

Banyak mimin temui pengguna Xiaomi menginginkan untuk Unlock Bootloader, namun sayang selalu error dan gagal. Tapi, dilain sisi ada juga pengguna yang menginginkan untuk Mengunci Kembali Bootloader pada Xiaomi. Menurut mimin tujuannya adalah untuk Keamanan atau untuk menjual device nya.

Sistem Bootloader digunakan oleh Xiaomi semenjak pertengahan tahun 2016 dengan tujuan keamaan dan pencegahan produk palsu atau KW. Banyak sekali user Xiaomi mengapresiasi sistem ini, namun dilain sisi pengguna jadi kesulitan untuk melakukan Unlock bootloader, tentah itu Bug atau lainnya.

Cara Re-lock Bootloader Xiaomi

Jika kamu memang ingin mengunci Bootloader Xiaomi yang sudah di Unlock, silahkan simak tutorialnya dibawah ya 🙂

Bahan-Bahan

Siapkan bahan-bahan dibawah ini terlebih dahulu, sebelum melangkah kebagian proses relock bootloader.

  1. Minimal ADB and Fastboot
    Download Minimal ADB and Fastboot, kemudian instal di PC atau laptop kesayangan kamu. Minimal ADb and Fastboot ini bisa berjalan di Windows 32 bit maupun Windows 64 Bit.

Langkah-Langkah Mengunci Bootloader Xiaomi

Ikuti langkah-langkah Relock bootloader Xiaomi dibawah, caranya cukup sederhana, mimin yakin kamu pasti bisa. Tapi, pastikan kamu sudah download dan menginstal Minimal ADb and Fastboot diatas ya 🙂 .

  1. Pada Devie Xiaomi kamu, silahkan aktifkan USB Debugging yang ada di Developer Options. Jika menu developer Options kamu belum ada, silahkan masuk ke Pengaturan > About Phone > dan tekan MIUI Version sebanyak 7X. Kemudian kembali ke pengaturan > Additional Setting > Developer Options > dan aktifkan USB Debugging.
  2. Matikan HP Xiaomi, dan masuk ke fastboot mode dengan cara Tahan Volume bawah + Power. Nanti akan muncul MiBunny dan ada tulisan Fastboot Mode.
  3. Hubungkan PC dan HP Xiaomi menggunakan Kabel USB. kemudian jalankan aplikasi Minimal ADB and Fastboot.
  4. Pada Minimal ADB and Fastboot, kamu bisa mengetikan perintah dibawah
    fastboot oem device-info
  5. Nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini.

    Relock Bootloader Xiaomi

    Relock Bootloader Xiaomi

  6. Disitu tertulis Device Unlocked : True
    1. Jika True, berarti Xiaomi kamu sudah di Unlock
    2. Jika False, berarti Xiaomi kamu belum di Unlock
  7. Untuk mengunci Bootloader, ketikan perintah
    fastboot oem lock
  8. Lalu tekan tombol enter. Untuk mengecek apakah HP Xiaomi kamu berhasil di Re-lock. ketikan lagi perintah
    fastboot oem device-info
  9. Kemudian lihat pada bagian Device Unlocked . Jika tertulis True, berarti kamu berhasil re-lock Bootloader .
  10. Terakhir, silahkan reboot hp xiaomi kamu.
  11. selesai

Itulah tadi cara Relock Bootloader Xiaomi, atau cara mengunci bootloader xiaomi yang sudah di unlock. Semoga berhasil. Jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah

Kesimpulan

Kamu juga bisa me relock bootloader menggunakan ADB driver dengan perintah sama seperti diatas. Jika kamu mengunci bootloader ketika TWRP atau Custom ROM Terinstal, besar kemungkinan akan Hardbrick, bootloop atau mati.