Cara Mudah Flash Xiaomi Dengan MiFlash Terbaru

On Saturday, March 25th, 2017

Cara Mudah Flash Xiaomi Dengan MiFlash Terbaru – Pengguna Smartphone Xiaomi tidak terlepas dari yang namanya Flashing, flash, root, twrp, UBL, dll. Proses Flash Xiaomi bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan MiFlash. Flashing menggunakan MiFlash terbatas untuk Xiaomi yang menggunakan chipset Snapdragon. Untuk chipset Mediatek bisa menggunakan SPFlash Tool.

Cara Flash Xiaomi dengan MiFlash

Cara Flash Xiaomi dengan MiFlash

Apa itu MiFlash

MiFlash adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu pengguna xiaomi melakukan Flashing. MiFlash memiliki 2 versi yaitu MiFlash 64bit dan MiFlash Beta untuk 32bit. Namun admin lebih merekomendasikan untuk Flash Xiaomi menggunakan Windows 64 bit. Dikarenakan MiFlash beta masih berstatus Beta. Nanti mimin akan membagikan Miflash Terbaru, yang tentunya memiliki fitur lebih dan fix berbagai bug.

Namun, MiFlash Beta Terbaru juga bisa digunakan pada Windows 64 bit. Tetapi tetap saja mimin lebih merekomendasikan untuk memakai MiFlash 64bit.

Pengguna Xiaomi yang mendapatkan ROM Distributor atau ROM Abal abal, segeralah flash Xiaomi kamu dengan MiFlash. Atau jika Xiaomi kamu bootloop, juga bisa menggunakan cara ini. Lakukan proses Flash Xiaomi dengan berhati hati, dan kalau bisa dibimbing oleh orang yang sudah berpengalaman 🙂

Do With Your Own Risk

Cara Flash Xiaomi Dengan MiFlash Terbaru

Silahkan simak tutorial cara Instal Xiaomi dengan MiFlash terbaru dibawah ini ya 🙂 Semoga berhasil.

Bahan-Bahan Flash Xiaomi dengan MiFlash Terbaru

Bahan dan tool yang kamu butuhkan dibawah ini, haruslah dipenuhi terlebih dahulu. karena dibutuhkan dalam proses flashing nantinya

  1. Download MiFlash Terbaru
    Download MiFlash 64 Bit terbaru atau MiFlash beta 32 bit terbaru. Silahkan disesuaikan dengan versi bit windows yang kamu gunakan. Jika Windows 64bit, gunakan MiFlash 64bit. Atau jika windows 32bit gunakan MiFlash 32bit.
  2. Download Mi PC Suite
    Silahkan Download Mi PC Suite. Fungsinya adalah sebagai driver Xiaomi kamu.
  3. Kabel USB
    Gunakan Kabel USB original atau Kabel usb yang mirip. Tapi mimin selalu menggunakak Kabel USB Original.
  4. Disable Driver Signature Enforcement
    Untuk pengguna Windows 64 bit. Kamu diharuskan untuk Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu. Tetapi Pengguna windows 32bit tidak perlu melakukan hal ini.
  5. Download ROM Fastboot
    Download ROM Fastboot sesuai dengan jenis HP Xiaomi kamu. Dan pastikan ROM Fastboot berekstensi .TGZ bukan .ZIP . Tetapi jika kamu download menggunakan IDM, maka extensi nya secara otomatis akan berubah menjadi TAR, maka kamu harus Merubah Format Extensinya terlebih dahulu. Dengan Cara klik kanan ROM Fastboot yang sudah berhasil didownload tadi > rename > dan ubah .TAR menjadi .TGZ .

    Merubah Extensi tar ke tgz copy

    Merubah Extensi tar ke tgz copy

Langkah Langkah Flash Xiaomi Dengan MiFlash

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah. Jangan mengabaikan langkah langkah Flashing Xiaomi. karena jika proses gagal, bisa berakibat fata. Ingat, Lakukan dengan resiko ditanggung sendiri.

  1. Pastikan kamu sudah disable driver signature enforcement jika kamu menggunakan windows 64 bit. Setelah di disable, restart PC kamu. dan lanjutkan tutorial ini.
  2. Instal Mi PC suite dan MiFlash terbaru yang sudah kamu download tadi.
  3. Extract ROM Fastboot tadi. dengan cara Klik kanan > Extract Here . jika tidak ada pilihan Extract here, kamu harus download Winrar atau 7zip terlebih dahulu. Setelah Extract selesai. Pindahkan Hasil extract nya ke Drive C.
  4. Aktifkan USB Debugging Xiaomi kamu. Letaknya ada di developer Options atau opsi pengembangan. setelah diaktifkan, sambungkan HP Xiaomi kamu ke PC. Jika muncul notifikasi, silahkan tekan Always allow atau ingat.
  5. Pada HP Xiaomi kamu, silahkan masuk ke Download Mode atau EDL Mode dengan Cara :
    1. Jangan hubungkan PC dengan HP kamu. atau cabut usb nya. (Jika terhubung)
    2. Matikan Hp Xiaomi kamu
    3. Dalam keadaan Mati, tahan volume UP + Power agak lama. Maka akan muncul menu, Silahkan Pilih Download.
    4. Jika HP kamu hitam, atau blank. Itu berarti Kamu berhasil masuk ke Download mode atau EDL mode.
  6. Jalankan MiFlash yang sudah kamu instal tadi. Kemudian tekan Browse dan arahkan ke ROM Fastboot yang sudah kamu extract tadi. Kemudian Pilih sampai ke Folder Images .
  7. Sambungkan HP dan PC menggunakan Kabel USB. dan kemudian tekan refresh pada MiFlash. Jika muncul tulisan COMXX (Note : XX adalah angka, bisa 1 angka bisa 2 angka) berarti kamu siap untuk proses flashing. Tapi jika tidak, berarti kamu HP Xiaomi kamu tidak dalam Download mode atau EDL mode.
  8. Pada bagian Bawah Miflash, tekan Flash All atau Clear All . Proses ini akan mengapus Internal HP Xiaomi yang kamu gunakan.
  9. Kemudian tekan Flash pada MiFlash. Tunggulah proses Flashing. Mungkin akan memakan waktu 3 – 10 menit.
  10. Jika proses sudah selesai, tulisannya kira kira seperti ini Flash Success atau Flash Successfully .
  11. Cabut USB , dan nyalakan HP Xiaomi kamu dengan menakan tombol power agak lama.
  12. Proses menghidupkan HP Xiaomi kamu mungkin akan agak lama. Karena ini adalah proses reboot pertama kali sejak diinstal ulang. Tetapi kedepannya akan seperti biasa lagi.
  13. Selamat.

Sekian Tutorial Flash Xiaomi dengan MiFlash. Cara ini bisa digunakan pada Hampir Semua Xiaomi yang menggunakan Chipset Snapdragon. UntuK Flash Xiaomi chipset mediatek bisa menggunakan SP Flash Tool.

Kesimpulan

Proses flash ini dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman atau dibimbing oleh orang yang sudah berpengalaman. segala resiko ditanggung oleh kamu sendiri. ROM Xiaomi kamu sudah aman dan kamu sudah merasa nyaman . Kamu tidak perlu Flash lagi, karena Flash Xiaomi ini hanya untuk orang yang membutuhkannya.