Cara Instal Xiaomi.EU Redmi 4 / 4A / 4X / 4 Prime Dengan TWRP

Cara Instal Xiaomi.EU Redmi 4 / 4A / 4X / 4 Prime Dengan TWRP – Salah satu Custom ROM MIUI EU yang cukup terkenal adalah Xiaomi EU Redmi 4 , Redmi 4A , Redmi 4X , Redmi 4 Prime. Karena itu pada artikel kali ini mimin akan menjelaskan Cara Flash Xiaomi.EU untuk Redmi 4 , 4A ,4X ,4 Prime dengan TWRP.

Cara flash Xiaomi.EU Redmi 4 , 4A , 4X , 4Prime

Cara Instal Xiaomi.EU Redmi 4 , 4A , 4X , 4Prime

ROM Xiaomi atau MIUI memang terkenal dengan Kustomisasi yang banyak dan memiliki tampilan yang sangat menarik. Tak sedikit Smartphone merek lain ingin mencoba untuk merasakan ROM Miui ini. Tapi, ROM Xiaomi ini terkenal boros RAM dan cukup berat. Karena itu banyak reviewer Xiaomi diluar sana yang mengatakan bahwa ROM MIUI ini sangat pas jika dipasangkan pada Android yang menggunakan RAM 3GB.

Hal ini lah yang membuat Custom ROM MIUI bermunculan, seperti Mi-Globe, MiuiPro, MultiROM,Xiaomi.EU,dll. Setiap Custom ROM tersebut mengklaim bahwa Cusrom mereka memiliki performa yang lebih baik dari pada ROM MIUI Official. Selain itu setiap Custom ROM MIUI tersebut juga memiliki ciri khas nya masing masing. Tetapi, kali ini mimin akan membagikan Tutorial Flash Custom ROM Xiaomi.EU Redmi 4, Redmi 4X , Redmi 4A, dan Redmi 4 Prime.

Xiaomi.EU

Bagi kamu yang belum tau apa itu Xiaomi EU, kelebihan Xiaomi Eu, dll. Mimin sedikit menjelaskannya dibawah 🙂 .

Apa itu Xiaomi EU

Apa itu Xiaomi eu

Xiaomi eu

Xiaomi EU atau MIUI Eu adalah sebuah Custom ROM MIUI yang dikembangkan oleh developer Eropa, mereka memodifikasi ROM MIUI Official. ROM ini berbasis MIUI China. Xiaomi.EU juga memiliki performa yang cukup baik dan menghilangkan Bloatware pada ROM MIUI serta pada ROM ini sudah tersedia Aplikasi Google atau Gapps seperti playstore dll. Custom ROM Xiaomi.EU juga memiliki 2 varian yaitu Xiaomi.EU Stabil dan Xiaomi.EU Developer / weekly

Baca Juga:

Perbedaan Xiaomi.EU Stabil dan Developer

Perbedaan Custom ROM Xiaomi.EU stabil dengan Xiaomi.EU Developer adalah Xiaomi.EU Stabil berbasis dari ROM China Stabil Official. Sedangkan Xiaomi.EU Developer berbasis dari ROM Developer China Official.ROM Xiaomi.EU Developer juga mengikuti Update dari ROM China official setiap hari Jum’at.

Perbedaan utama dari ROM stabil dan Developer adalah Pada ROM Stabil, ROM ini lebih stabil dan bahkan bisa dikatan tidak ada BUG sama sekali. Namun ROM ini memiliki waktu jangka lama sebelum di update.

ROM Developer akan memberikan update setiap hari Jum’at (Weekly). Pada ROM ini biasanya terdapat beberapa bug, namun memiliki fitur yang lebih banyak dari pada ROM Stabil. Bisa dikatakan kalau pada ROM Developer ini, kita adalah sebagai Beta Tester fitur fitur baru, yang nantinya akan di implementasikan ke ROM Stabil.

Kelebihan ROM Xiaomi.EU

Seperti yang dikatakan diatas, ROM Xiaomi.EU memiliki performa yang lebih baik dari pada ROM official serta daya tahan baterai yang cukup lama. Dan Kelebihan yang paling mimin sukai adalah karena ROM ini berbasis atau menggunakan ROM China yang dimodifikasi, sehingga kita dibebaskan untuk menginstal Theme, Font, dan File Mtz lainnya yang kita download dari Google Tanpe Ribet.

Kekurangan ROM Xiaomi.EU

Hal yang membuat orang tidak mau menggunakan ROM MIUI EU adalah karena pada ROM ini tidak tersedia Bahasa Indonesia (Saat ini). Namun mimin yakin kedepannya akan ada pembaruan untuk Bahasa Indonesia. Karena hampir setiap minggu ROM Xiaomi.EU ini selalu menambahkan Bahasa-Bahasa baru kedalam Custom ROM tersebut. Jadi, tinggal menunggu waktu saja 🙂

Jika kamu memang tertarik untuk Menginstal Custom ROM Xiaomi.EU pada Redmi 4, Redmi 4A ,Redmi 4X, Redmi 4 Prime silahkan ikuti tutorial dibawah ya. Caranya sangat mudah sekali dan mimin sudah menuliskan tutorial ini agar mudah dimengerti oleh pengguna baru Xiaomi atau android.

Cara Flash Xiaomi EU Redmi 4 / 4A / 4X / 4 Prime

Berikut adalah Cara instal Xiaomi.EU untuk Redmi 4 , Redmi 4A, Redmi 4X, dan Redmi 4 Prime. Simak baik baik ya 🙂 , kalau diikuti dengan benar, mimin jamin pasti berhasil.

Persyaratan

Kamu harus memenuhi persyaratan dibawah terlebih dahulu sebelum lanjut ke langkah langkah instal Xiaomi.EU.

  1. Resiko ditanggung sendiri.
  2. Unlock Bootloader.
    Pastikan HP Kamu sudah Unlock Bootloader. Berikut Cara Paling Mudah UBL Redmi 4, 4A ,4X,4 Prime.
  3. Terinstal TWRP.
    TWRP merupakan hal penting. Karena ROM Xiaomi.EU akan diinstal melalui TWRP ini. Berikut Cara Mudah Instal TWRP Redmi 4,4A,4X,4Prime.
  4. Backup Full ROM.
    Untuk berjaga-jaga, silahkan Backup Full ROM Redmi 4,4a,4x,4prime dengan menggunakan TWRP.

Bahan-Bahan

Siapkan Bahan-bahan dibawah terlebih dahulu. Karena nantinya dibutuhkan pada saat menginstal Xiaomi.EU pada Redmi 4, 4a, 4X, 4 Prime.

  1. ROM Xiaomi EU / MIUI EU
    Download ROM Xiaomi.EU . Caranya adalah dengan menuju ke link Xiaomi.EU . Kemudian pilih ROM Downloads, dan scroll kebawah. Silahkan Pilih ROM yang ingin di download apakah ROM Developer (weekly) atau ROM Stabil. Kemudian pilih Sesuai dengan Type Xiaomi kamu.
    Redmi 4 prime = HM4Pro
    Redmi 4 = HM4
    Redmi 4X = HM4X
    Redmi 4A = HM4A

    Download Xiaomi EU

    Download Xiaomi EU

Langkah-Langkah

Jika kamu sudah selesai dengan persyaratan dan menyiapkan bahan-bahan diatas. Selanjutnya adalah langkah Langkah Instal Xiaomi.EU Redmi 4, 4A,4X,4 Prime. Silahkan disimak baik-baik ya :). Disini mimin juga membuatkan Video Tutorial Instal Xiaomi.EU Redmi 4,4a,4x,4prime.

  1. Setelah ROM Xiaomi EU di download, pindahkan ke Internal Storage Redmi 4,4A,4X,4Prime kamu. kemu juga bisa menggunakan External Storage(memory external) atau USB OTG.
  2. Matikan Redmi 4,4a,4x,4prime dan kemudian masuk ke TWRP dengan Menekan dan Tahan Volume UP + power. Jika muncul pilihan warna orange, silahkan pilih Recovery, dan kemudian pilih tombol sebelah kiri(jika ada).
  3. Jika sudah masuk TWRP, kamu bisa melakukan backup terlebih dahulu (Jika ingin).
  4. Jika tidak ingin melakukan backup, lanjutkan dengan menakan Wipe, kemudian Advance Wipe lalu ceklis System,Data,Cache,Dalvik. dan kemudian Swipe.
  5. Setelah proses Wipe selesai, lanjutkan dengan menginstal ROM Xiaomi.EU. Caranya adalah dengan menekan tombol Instal lalu cari file ROM Xiaomi.EU kemudian Swipe kekanan pada Swipe to confirm Flash.
  6. Tunggulah proses instalasi ROM Xiaomi.EU. Jika sudah selesai, silahkan tekan Reboot System.
  7. Proses Reboot mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lama karena itu adalah reboot pertama kali, kedepannya akan reboot cepat seperti biasa.
  8. Selesai

Itulah cara Instal / Flash Xiaomi Eu Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime. Semoga berhasil. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirimkan di kolom komentar dibawah, mimin akan berusaha menjawab secepatnya.

Kesimpulan

Silahkan membaca informasi tentang Apa itu Xiaomi.Eu, kelebihan Xiaomi.eu dan kekurangan Xiaomi.eu. Resiko ditanggung sendiri, namun mimin akan membantu untuk mencarikan solusi dengan berkomentar dibawah.