Cara Instal TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

On Thursday, May 18th, 2017

Cara Instal TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) – Pada Kesempatan kali ini, mimin akan membagikan Tutorial Cara Instal TWRP dan Cara Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni). Caranya cukup mudah sekali. Jika kamu tidak berencana untuk Rooting Redmi 4X, maka silahkan ikuti Tutorial Cara pasang TWRP Redmi 4X Santoni saja. Tapi, jika kamu ingin Melakukan Root, kamu diharuskan untuk menginstal TWRP terlebih dulu.

Cara Instal TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

Cara Instal TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

CodeName Redmi 4X : Santoni

Cara Instal TWRP Redmi 4X ini akan menggunakan Aplikasi bernama Minimal ADB and Fastboot, atau kamu juga bisa menggunakan ADB Driver. Aplikasi ini nantinya akan di instal di PC atau laptop. Jadi, pastikan kamu memiliki PC atau Laptop Windows. Windows 32 bit atau 64 bit pun tidak masalah.

Cara Root Xiaomi Redmi 4X Santoni ini nantinya adalah dengan menggunakan Aplikasi SuperSU, yang mana akan di instal atau di Flash melalui Custom Recovery TWRP. Jadi, jika kamu ingin melakukan Rooting Redmi 4X, kamu wajib menginstal TWRP terlebih dulu.

Fungsi TWRP Redmi 4X

Untuk TWRP sendiri, memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan. Namun, disini mimin akan memberikan beberapa fungsi penting dari Custom recovery Team Win Recovery project ini.

  1. Flash ROM
  2. Instal ulang
  3. Flash Custom ROM
  4. Instal SuperSu
  5. Instal Xposed
  6. Backup nandroid
  7. Backup Full ROM
  8. Backup Modem
  9. dll.

Baca Juga :

Fungsi Root Redmi 4X

Root ini sebenarnya tidak penting, tergantung dari kamu sendiri. Mimin sendiri berpikir kalau root android adalah sebuah keharusan. Tapi, itu kembali kepada diri masing2. Lebih jelasnya, silahkan simak Apa itu Root dan Kegunaannya pada Android .

Disini mimin memberikan link SuperSU v2.65 sudah Fix MTP. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi apabila HP Kamu tidak terdeteksi di PC nantinya.

Cara Instal TWRP dan Root Redmi 4X Santoni

Jika kamu tertarik untuk pasang TWRP dan Root Redmi 4X, silahkan simak tutorialnya dibawah ya 🙂 .

Note : Untuk bisa Root Redmi 4X, kamu wajib instal TWRP terlebih dulu.

Perysaratan

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus menyetujui dan memenuhi persyaratan dibawah ini terlebih dulu.

  1. Resiko ditanggung sendiri
  2. Unlock Bootloader
    Pastikan Xiaomi Redmi 4X Santoni kamu sudah di UBL, jika belum silahkan simak Cara Mudah Unlock Bootloader Redmi 4X .
  3. Backup Data Penting (Optional)

Baca Juga :

Bahan-Bahan TWRP dan Root Santoni

Silahkan persiapkan bahan-bahan dibawah ini, barulah kemudian kamu bisa lanjut kebagian langkah-langkah instalasi twrp dan rooting.

  1. Minimal ADb and Fastboot
    Aplikasi ini berguna untuk menginstal TWRP, silahkan Download Minimal ADb and Fastboot . Kemudian instal di PC atau laptop windows kamu. Bisa di Windows 64bit ataupun 32bit.
  2. TWRP Santoni
    Silahkan Download TWRP Redmi 4X (Santoni).
  3. SuperSU
    Jika kamu berencana untuk Root Redmi 4X, silahkan Download SuperSU Redmi 4X . kemudian pindahkan ke Internal HP Redmi 4X Santoni kamu.

Langkah-Langkah Instal TWRP Redmi 4X

Jika kamu sudah selesai dengan bahan-bahan diatas, selanjutnya adalah proses instalasi TWRP Redmi 4X Santoni. SIlahkan diikuti ya 🙂

  1. Instal aplikasi Minimal ADb and Fastboot di PC atau Laptop kamu.
  2. Setelah selesai menginstal Minimal ADB and Fastboot. Silahkan Extract File TWRP Redmi 4X. Hasil extractnya adalah File Recovery.img , Copy dan paste file tersebut ke
    • Windows 64 bit : C:\ Program Files (86) \ Minimal adb and Fastboot
    • Windows 32 bit : C :\ Program Files \ minimal ADb and Fastboot
  3. Pada HP Redmi 4X kamu, silahkan masuk ke Pengaturan > About Phone > dan tekan MIUI Version sebanyak 7x dengan cepat. Setelah itu, kembali ke pengaturan > pengaturan tambahan > opsi pengembangan > dan aktifkan USB DEbugging.
  4. Matikan Redmi 4X, dan masuklah ke Fastboot Mode dengan Cara Tahan Volume Down + Power sampai muncul fastboot mode.
  5. Hubungkan Redmi 4X kamu dengan PC menggunakan Kabel USB, dan kemudian jalankan aplikasi Minimal ADB and Fastboot. Kamu bisa melihat shortcut nya di Desktop.
  6. Pada Minimal ADb and Fastboot, ketikan perintah dibawah
    Fastboot flash recovery recovery.img
  7. Tekan Enter, dan kemudian ketikan lagi perintah
    Fastboot boot recovery.img
  8. Kemudian tekan lagi enter, maka secara otomatis HP kamu akan masuk ke Mode TWRP. Jika tidak, kamu bisa masuk ke TWRP secara manual dengan cara Tahan Volume UP + Power , lalu pilih recovery dan jika muncul warna biru dan hijau, silahkan tekan yang sebelah kiri.
  9. Selesai. Untuk keluar dari TWRP Mode, silahkan tekan Reboot > system.

Itulah tadi Cara mudah Instal TWRP di xiaomi Redmi 4X Santoni, Semoga berhasil  🙂

Langkah-Langkah Root Xiaomi Redmi 4X

Setelah kamu berhasil menginstal TWRP Santoni, selanjutnya adalah proses instal SuperSu.

  1. Silahkan pindahkan File SuperSU ke Internal Storage Redmi 4X. Kamu juga bisa menggunakan Memory external ataupun USB OTG.
  2. Pada Redmi 4X, silahkan masuk ke Recovery Mode (TWRP) dengan cara Tahan Volume UP + Power > Tekan Recovery > dan jika muncul pilihan biru dan hijau, silahkan tekan yang disebelah kiri.
  3. Pada TWRP, silahkan tekan Instal > Cari dan klik File SuperSU > kemudian swipe kekanan pada Swipe to confirm flash .
  4. Setelah proses flashing selesai, silahkan reboot system.
  5. Selesai.

Itulah tadi cara Mudah Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) menggunakan Supersu yang diinstal melalui TWRP. 🙂 Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

TWRP dan Root memiliki fungsi dan kegunaan masing masing. Kebutuhan keduanya tergantung dari kamu sendiri. Mimin sendiri selalu menginstal TWRP dan Selalu melakukan Rooting pada Android mimin.