Cara Instal Lineage OS 13 Xiaomi Redmi 4 Prime (Markw)

On Saturday, April 29th, 2017

Cara Instal Lineage OS 13 Xiaomi Redmi 4 Prime (Markw) – Siapa yang tak kenal dengan salah satu Custom ROM Android yang satu ini. Lineage OS merupakan suksesor dari Cyanogenmod. Dan kali ini, di Forum XDA sudah tersedia Custom ROM Lineage OS 13 untuk Xiaomi Redmi 4 Prime Markw. Markw adalah Code Name Xiaomi Redmi 4 Prime.

Cara Flash Lineage OS 13 Xiaomi Redmi 4 Prime

Xiaomi Redmi 4 Prime adalah salah satu HP Xiaomi yang cukup populer, karena memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan Xiaomi Redmi 4 Prime dibanderol dengan harga 1.9 juta – 2.1 Juta. Hal yang paling menarik dari Xiaomi Redmi 4 Prime markw ini adalah daya tahan baterai nya yang cukup lama, sampai lupa dengan charger πŸ™‚ .

Baca Juga :

Lineage OS

Bagi kamu pengguna Xiaomi Redmi 4 Prime, jika belum tau apa itu LineageOS. Dibawah ini mimin sudah menuliskan sedikit penjelasan tentang Lineage OS .

Apa itu Lineage OS

Lineage OS

Lineage OS

Lineage OS adalah sebuah custom ROm android yang menggunakan Source Code Cyanogenmod. Bisa juga dibilang kalau Lineage OS ini adalah nama baru dari Custom ROM CyanogenMod.

Lineage OS ini dikembangkan oleh komunitas dengan tujuan untuk memaksimalkan HP Android dengan menggunakan Stock Android atau AOSP. Lineage OS 13 berbasis Android Marshmallow.

Kelebihan Lineage OS

Seperti yang sudah mimin singgung diatas, Lineage OS berbasis Stock Android sehingga memiliki performa dan multi tasking yang lebih baik dari pada ROM MIUI. Tetapi, tampilannya tentu tidak se indah MIUI πŸ™‚ .

Cara Flash Lineage OS 13 di Xiaomi Redmi 4 Prime Markw

Jika kamu memang tertarik untuk mencoba custom ROm terkenal ini, silahkan simak tutorialnya dibawah ya πŸ™‚ . Semoga berhasil.

Persyaratan

Kamu harus menyetujui dan memenuhi persyaratan dibawah ini terlebih dahulu.

  1. Resiko di tanggung sendiri.
  2. Unlock Bootloader.
    Pastikan Xiaomi Redmi 4 Prime kamu sudah di UBL, karena jika Bootloader masih di lock, kamu tidak akan bisa menginstal Custom ROM. Berikut Cara Paling Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 Prime .
  3. Terinstal TWRP.
    Tentu saja sudah terinstal TWRP, kaena cusrom Lineage OS 13 ini akan di instal melalui TWRP. Berikut Cara Mudah Pasang TWRP Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) .

Bahan-Bahan

Silahkan siapkan bahan-bahan dibawah ini, baru kemudian kamu bisa lanjut kebagian langkah-langkah flashing lineage OS.

  1. File ROM Lineage OS 13.
    Silahkan Download Lineage OS 13 Xiaomi Redmi 4 Prime (Markw). Ketika link sudah di buka, silahkan pilih 13 lineageOS BY msdx321 , kemudian download ROM terbaru. File Lineage OS berformat .Zip .
  2. Gapps.
    Silahkan Download Gapps 6.0 Redmi 4 Prime . Ketika halaman download sudah muncul, pilih ARM64 > 6.0 > Lalu pilih Pico / Nano.
  3. Kernel by msdx321
    Silahkan Download Kernel by MSDX321 . Ketika lnk sudah dibuka, silahkan pilih folder Kernel by msdx321. dan download Kernel nya. Pilih kernel yang ada tulisan LOS . Jangan MIUI .
  4. Snap Camera.
    Ini untuk berjaga-jaga , apabila nantinya Kamera nya bermasalah. Download Snap Camera .

Langka-Langkah Flash Lineage OS Xiaomi Redmi 4 Prime

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan diatas, berarti kamu sudah siap untuk proses instalasi Lineage OS di Redmi 4 Prime Markw kamu πŸ™‚ . Simak baik-baik ya.

  1. Pindahkan semua file yang sudah kamu download tadi ke internal Storade Xiaomi Redmi 4 Prime. Kamu juga bisa menggunakan USB OTG ataupun Memory external.
  2. Matikan Xiaomi Redmi 4 prime, dan kemudian masuk ke TWRP dengan cara tahan Volume UP + Power dan kemudian pilih recovery. Jika muncul pilihan warna biru dan hijau, silahkan tekan yang disebelah kiri.
  3. Pada TWRP, tekan Wipe > Advance Wipe dan kemudian Ceklis System, Data, Cache, Dalvik lalu silahkan Wipe.
  4. Jika proses Wipe sudah selesai, lanjutkan dengan menginstal ROM Lineage OS. Caranya tekan Instal pada TWRP, lalu cari file ROM Lineage OS 13. dan Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash .
  5. Jika flash Lineage OS 13 sudah selesai, lanjutkan dengan menginstal Gapps dengan cara tekan instal kemudian cari file Gapps yang sudah kamu pindahkan ke hp Xiaomi Redmi 4 Prime tadi. Lalu Swipe kekanan pada Swipe to Confirm Flash .
  6. Setelah selesai, silahkan di Reboot. Jangan langsung flash kernel, karena bisa mengakibatkan Bootloop. Silahkan nyalakan Xiaomi Redmi 4 Prime terlebih dulu, baru nanti kembali ke TWRP dan Flash Kernel. Jangan Wipe apapun setelah Flashing Kernel .
  7. Selesai.

Itulah tadi Cara Flash Lineage OS 13 di Xiaomi Redmi 4 Prime Markw . Jika ada kendala, silahkan baca cara Fix bug dibawah ini. Dan jika ada pertanyaan lain silahkan komen di kolom komentar dibawah ini.

Bug Lineage OS 13 Redmi 4 Prime

Custom ROM Lineage OS 13 ini memiliki beberapa Bug, silahkan simak cara Fix Bug Lineage OS 13 Xiaomi Redmi 4 Prime.

  1. Jika kamera Lineage OS 13 bermasalah, silahkan gunakan Snap Camera. Link Download ada di bagian Bahan-bahan diatas.
  2. Jika Speaker bermasalah ketika menelpon, silahkan masuk ke Pengaturan > Notifications >Β  APP Notifications > Phone > Matikan Allow Peeking .
  3. Jika baterai cepat habis karena GPS nya yang selalu aktif. Silahkan Download My Android Tool . Jalankan aplikasi tersebut lalu kebagian Services > System > Location Services > Matikan NetworkLocationService .

Kesimpulan

Beda User beda rasa, silahkan rasakan sendiri bagaimana performa Custom ROM Lineage OS ini. Jika kamu orang yang lebih menyukai tampilan MIUI, silahkan mencoba custom ROM MIUI seperti Xiaomi EU, MultiROM, Globe ROM .