Cara Instal Custom ROM Xiaomi EU di Semua Xiaomi (MOD MIUI)

Cara Instal Custom ROM Xiaomi EU di Semua Xiaomi – Kali ini BukanDroid membagikan Tutorial Cara Instal Xiaomi EU di Semua HP Xiaomi. Xiaomi EU merupakan Custom ROM based ROM MIUI China developer dan China stabil yang memiliki performa dan daya tahan baterai yang lebih baik. Hal ini lah yang membuat banyak dari pengguna Xiaomi lebih memilih untuk menggunakan Custom ROM Based Miui dari pada ROM Miui official / resmi.

Cara Instal Xiaomi EU di Semua Xiaomi

Cara Flash Xiaomi EU di Semua Xiaomi

Fitur fitur dan kustomisasi yang di tawarkan pada ROM MIUI EU memang sangat menggiurkan, namun hal ini juga membuat ROM MIUI terkenal dengan berat dan menghabiskan banyak RAM. Banyak reviewer yang mengatakan bahwa ROM MIUI paling cocok apabila dipadukan dengan RAM 3GB, karena lebih bisa memaksimalkan performa dari ROM MIUI. Namun sejak kedatangan berbagai Custom ROM MOD MIUI, pengguna mulai beralih dari ROM MIUI Official karena merasakan sendiri performa dan daya tahan baterai yang cukup baik.

Baca Juga :

Xiaomi EU

Apa itu Xiaomi eu

Xiaomi eu

Apa itu Xiaomi EU

Xiaomi EU atau MIUI EU adalah sebuah Custom ROM MIUI yang dikembangkan oleh komunitas Xiaomi Europe. Xiaomi Eu berbasis ROM MIUI China stabil dan China developer, serta juga memberikan update mingguan pada hari jum’at untuk rom developer (weekly).

Perbedaan Xiaomi EU China Stabil dan China Developer

Sama seperti ROM MIUI, MIUI EU juga memiliki versi Stabil dan Developer. Cusrom Xiaomi EU Stabil berbasis ROM China stabil, yang tentunya pada ROM ini segala fitur dan optimasi sudah stabil dan bisa dikatakan sudah tidak ada Bug. Tetapi fitur fitur didalamnya tidak selengkap ROM Developer.

Cusrom Xiaomi EU Developer berbasis ROM China developer, memiliki fitur fitur yang lebih banyak dibandingkan ROM Stabil. Tetapi, pada ROM ini terdapat lebih banyak BUG dan konsumsi baterai yang lebih besar. Bisa dikatakan, jika menggunakan ROM developer, kita adalah seorang Beta Tester.

Kelebihan Xiaomi EU

Seperti yang sudah dibahas di atas, Custom ROM Xiaomi EU memiliki performa yang lebih baik dan daya tahan baterai yang cukup baik. Pada Cusrom Xiaomi EU juga sudah terinstal Gapps atau Google apps seperti plastore dll. Dan pada Cusrom ini juga sudah tidak ada lagi bloatware.

Kelemahan Xiaomi EU

Jika ada Kelebihan, tentu saja ada kelemahan. Kelemahan CusROM Xiaomi EU adalah pada Bahasa nya, karena tidak terdapat Bahasa Indonesia. Tetapi mungkin kedepannya akan terdapat update dan memasukan Bahasa Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk mencoba Custom ROM Xiaomi EU, silahkan simak Tutorial Cara Instal Xiaomi EU di HP Xiaomi dibawah ๐Ÿ™‚ . Mimin sudah menggunakan CusROM Xiaomi EU, dan cukup puas dengan performa nya.

Cara Flash Xiaomi EU di Semua Xiaomi

Persyaratan

Sebelum melangkah ke tutorial instalasi Custom ROM Xiaomi EU, kamu harus menyetujui dan melengkapi persyaratan dibawah ini.

  1. Resiko ditanggung sendiri
  2. Unlock Bootloader.
    Pastikan Xiaomi mu sudah Unlock Bootloader. Berikut Cara Paling Mudah Unlock bootloader Xiaomi.
  3. Terinstal TWRP.
    Tentu saja harus terinstal TWRP, karena kita akan menginstal Custom ROM Xiaomi EU melalui TWRP nantinya. Silahkan lihat Cara instal TWRP Xiaomi. Cari sesuai dengan type HP Xiaomi kamu.
  4. Backup Data
    Silahkan Backup data terlebih dahulu untuk berjaga-jaga, seperti foto, lagu, music, video, dll.

Bahan-Bahan

Siapkan bahan-bahan dibawah ini terlebih dahulu. karena akan dibutuhkan pada saat proses instalasi Xiaomi EU nantinya.

  1. Custom ROM Xiaomi EU
    Download Custom ROM MIUI EU . Caranya adalah dengan masuk ke Link Xiaomi.Eu , kemudian tekan ROM Downloads Lalu scroll kebawah dan cari Link download nya. Kemudian pilih file sesuai dengan type HP kamu atau juga bisa melihat list Devices pada Link tersebut.

    Download Xiaomi EU

    Download Xiaomi EU

Langkah-Langkah Flash Xiaomi EU dengan TWRP

Selanjutnya adalah langkah langkah instal Xiaomi eu. Silahkan simak dan ikuti dengan cermat ya ๐Ÿ™‚

  1. Pindahkan Custom ROM Xiaomi EU yang sudah kamu download tadi ke internal Xiaomi kamu. Pastikan Cusrom yang didownload sesuai dengan type HP kamu. Kamu juga bisa memindahkannya ke USB OTG atau Memory External.
  2. Matikan HP Xiaomi kamu dan masuklah ke TWRP dengan cara menekan dan Tahan Volume UP + Power. Kemudian Tekan Recovery(Jika ada). Dan jika muncul lagi pilihan warna Biru dan Hijau, silahkan tekan yang disebelah kiri.
  3. Pada TWRP, tekan Wipe lalu Advace Wipe. Kemudian ceklis System, Data, Cache, Dalvik. dan kemudian Swipe kekanan. Tunggulah proses Wipe hingga selesai.
  4. Jika sudah selesai, kembali ke menu awal TWRP dan tekan Instal. Carilah File Custom ROM Xiaomi EU dan Klik file tersebut, kemudian Swipe kekanan pada Swipe to confirm Flash. Jika kamu menggunakan Memory external atau USB OTG, setelah menekan Instal, silahkan tekan Select Storage dan pilih Media penyimpanan yang ingin kamu gunakan.
  5. Tunggulah proses Instal Xiaomi EU. Setelah Selesai, tekan Reboot System.
  6. Proses reboot akan membutuhkan waktu 5 – 20 menit, karena itu adalah Reboot pertama kali. Tetapi, jika pada saat reboot tidak ada tulisan Android dibagian bawah, kemungkinan besar Xiaomi kamu bootloop. Silahkan komentar di kolom komentar dibawah beserta dengan Type Hp yang kamu gunakan.
  7. Selesai.

Itulah tadi cara Flash Xiaomi EU di Semua HP Xiaomi. Jika terjadi bootloop atau kendala , jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah. Semoga Berhasil.

Kesimpulan

Beda user beda rasa, itulah yang sering mimin dengar dari mastah-mastah Group Xiaomi dahulu. Setiap ROM memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kamu merasakan lag, lemot, dll, jangan langsung beranggapan kalau itu adalah ROM jelek, cobalah untuk tetap menggunakannya dalam waktu beberapa jam atau 1 hari. Kalau kata mastah, itu proses pengumpulan cache.