Cara Instal AospExtended ROM Redmi Note 4X (Mido)

Cara Instal AospExtended ROM Redmi Note 4X (Mido) – Setelah kemarin mimin share cara Instal Lineage OS 14.1 untuk Redmi Note 4X Mido. Kali ini mimin share Custom ROM cukup banyak penggemar nya, yaitu AospExtended atau disingkat AEX Untuk Redmi Note 4X. ROM ini cukup menarik akan fitur fiturnya.

Cara Instal AOSP Extended Redmi Note 4X Mido

Cara Instal AOSP Extended Redmi Note 4X Mido

Apa itu AospExtended ROM

Custom ROM AospExtended atau disingkat AEX merupakan Custom ROM based on Android Open Source Project (AOSP) yang memiliki banyak kustomisasi karena menggunakan Substratum Theme Engine. Proyek ini dibuat oleh Cherry-picking. Dikarenakan ROM ini berbasis AOSP jadi dipastikan ROM ini sangat ringan. Kedepannya tentu ROM AEX ini akan selalu di Update untuk menambah fitur fitur lainnya.

Baca Juga :

Fitur ROM AEX

Fitur fitur yang ada di ROM AEX atau AospExtended ini sangat banyak, Seperti Substratum Theme Engine , D2S navbar, Nightmode dll. Untuk lebih lengkapnya silahkan cek Fitur Lengkap nya.

Kalau memang tertarik dengan ROM AEX Redmi Note 4X ini, silahkan simak tutoria dibawah ya 🙂 . Caranya gampang kok, hanya saja kamu harus melakukan beberapa tahap terlebih dahulu.

Baca Juga :

Persyaratan

Sebelum melangkah ke tutorial, kamu harus mengikuti persyaratan dibawah ini.

  1. Resiko tanggung sendiri.
  2. Unlock Bootloader.
    tentu saja Redmi Note 4X kamu harus sudah Unlock bootloader. Berikut Cara Paling Mudah UBL Redmi Note 4X .
  3. Terinstal TWRP.
    TWRP merupakan yang terpenting. Karena menginstal ROM nya ini harus terinstal TWRP terlebih dahulu. Berikut Cara Mudah Instal TWRP Redmi Note 4X .
  4. Backup Full ROM untuk berjaga-jaga.

Bahan-Bahan

persiapakan bahan-bahan dan tool dibawah terlebih dahulu sebelum lanjut kebagian langkah-langkah menginstal AEX ROM Redmi Note 4X Mido.

  1. File ROM AospExtended ROM
    Download ROM AEX Redmi Note 4X .
  2. Firmware
    Download Firmware nya juga.
  3. Gapps
    Ini adalah Google apps. Jika tidak di instal, maka Redmi Note 4X kamu tidak akan memiliki aplikasi google seperti playstore dll. Download Google Apps Nougat 7.1 .Caranya, pilih ARM64 > Android 7.1 > Mini. Kamu juga bisa memilih Pico, Micro, nano. itu tergantung kamu sendiri. perbedaannya adalah kelengkapan aplikasi google. Mimin sendiri menggunakan Mini.

Langkah-langkah

Setelah kamu menyiapkan semua bahan-bahan diatas. Selanjutnya adalah langkah-langkah menginstal AEX ROM Redmi Note 4X Mido.

  1. Pastikan kamu sudah mengikut persyaratan diatas, dan sudah menyiapkan bahan bahan nya.
  2. Pindahkan ketiga bahan diatas ke Internal Redmi Note 4X. Yaitu Firmware, AospExtended ROm, dan Gapps.
  3. Matikan Redmi Note 4X dan masuk ke TWRP. Caranya Tahan Volume UP + Power.
  4. Pada TWRP, tekan Wipe lalu advance Wipe dan ceklis system,data,cache,dalvik. kemudian Swipe kekanan.
  5. Jika proses Wipe sudah selesai, lanjutkan dengan menginstal Firmware. Caranya dengan menekan Instal , lalu cari File Firmware dan kemudian Swipe kekanan pada Swipe to confirm Flash .
  6. Tunggu proses instalasi firmware. Jika sudah selesai lanjutkan dengan mengisntal file ROM AospExtended dengan cara yang sama, tekan instal lalu cari file AospExtended dan kemudian Swipe kekanan pada Swipe to confirm Flash .
  7. lanjutkan dengan menginstal Google Apps / gapps. Caranya juga sama, tekan instal lalu cari file Gapps dan kemudian swipe kekanan pada Swipe to confirm Flash .
  8. Jika ketiga file tersebut sudah berhasil di instal. Silahkan tekan Reboot system.
  9. Proses reboot akan membutuhkan waktu agak lama. Karena itu adalah reboot pertama kali. untuk kedepannya akan cepat seperti biasanya.
  10. Ketika hp sudah menyala, nanti akan ada setup awal. Sebelum memasukan finger print akan ada permintaan untuk password encrypt, jangan dimasukan. itu bukan bug rom, tapi fitur dari Google.
  11. Jika sudah terlanjut, silahkan format Data atau internal. Jangan lupa backup data terlebih dahulu 🙂
  12. Selesai.

Itulah cara menginstal Custom ROM AEX Redmi Note 4X Mido. Semoga berhasil, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah. Mimin akan berusaha secepatnya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Credit

  • [email protected]

Kesimpulan

ROM ini memiliki banyak fitur dan kustomisasi dan juga Custom ROM AEX merupakan salah satu custom rom yang cukup populer. Silahkan instal dan ikuti langkah-langkah diatas ya 🙂