Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi

Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi – Pernah melihat user Xiaomi mengubah nama operator yang ada di statusbar dengan Logo operator ataupun logo-logo menarik lainnya? Pernah coba nanya, tapi gak digubris atau gak diberikan tutorial nya? Mungkin ada yang kasih tutorial, tapi gak ngerti caranya? Disini mimin akan coba kasih tutorial yang mudah di mengerti 🙂 .

Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi

Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi

ROM MIUI memang memiliki banyak fitur dan kustomisasi, namun pengguna Xiaomi ingin memaksimalkan lagi fitur yang sudah ada di ROM miui. Yaitu merubah Nama Operator atau Carrier Name menjadi logo operator ataupun logo menarik lainnya seperti Logo channel tv, Logo Club bola, Logo bendera, dll.

Untuk bisa mengubah Nama operator dengan logo-logo yang menarik pada MIUI, kamu harus sudah terdaftar di MIUI Theme designer dan juga menggunakan Font Unicode. Kenapa Unicode? karena font biasa gak akan bisa menampilkan Logo-logo menarik, paling cuman Emoticon 🙂 .

Baca Juga :

Apa itu Unicode

Unicode adalah suatu Standar industri yang dibuat khusus supaya bisa menampilkan semua font, logo yang ada didunia.

Cara Merubah Nama Operator dengan Logo Pada MIUI

Jika kamu memang tertarik untuk mencoba nya, yuk simak cara lengkap mengubah nama operator dibawah.

Persyaratan

Kamu haus memenuhi persyaratan dibawah ini, jika tidak maka kamu tidak akan bisa mengganti Nama operator dengan Logo .

  1. Daftar MIUI Theme Designer.
    Kamu harus daftar di MIUI Theme Designer dan juga sudah di approve keanggotaannya di MIUI Theme Designer. Jika belum, silahkan cek Cara Mudah Daftar di MIUI Theme Designer.

Bahan-Bahan Ganti Logo Operator MIUI 8

Siapkan bahan-bahan dibawah ini terlebih dulu, baru nanti lanjut ke bagian langkah-langkah penginstalan.

  1. Font Unicode
    Silahkan Download FONT Neon v8.3M by ihint . Atau kamu juga bisa menggunakan Font Support Unicode Lain . Setelah di download, pindahkan ke HP Xiaomi kamu.
  2. Mi Rape
    Silahkan Download Mi Rape dan instal. Mirape berguna untuk mengganti Font nantinya.
  3. iFont
    Silahkan Download iFont dan instal di Hp Mu.

Langkah-Langkah Ganti Logo Operator di Statusbar ROM MIUI

Setelah kamu selesai dengan persyaratan dan menyiapkan bahan-bahan diatas, sekarang kamu bisa lanjut ke proses instalasi.

  1. Extract Font yang sudah kamu download diatas. Didalamnya terdapat font dengan format .ttf . dan folder Symbol merupakan Logo yang bisa kamu masukan ke statusbar nantinya.
  2. Jalankan iFont kemudian tekan My > My Font > dan klik tulisan Click Here yang berwarna Merah. kemudian arahkan ke font yang sudah kamu download tadi. Jika sudah selesai, pada iFont tekan Theme (Sudut kanan atas ) dan OK > OK.

    Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi 1

    Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi 1

  3. Jalankan Mi Rape, kemudian tekan tombol menu yang diakan atas dan tekan Open MTZ File , lalu arahkan ke folder MIUI/Theme dan nama Font tadi, kemudian tekan OK.
  4. Pada Mi Rape, tekan nama font tersebut dan tekan Pack to MTZ , nanti akan muncul tombol Apply , silahkan tekan tombol apply tersebut.

    Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi 2

    Cara Ganti Nama Operator dengan Logo Operator di Statusbar Xiaomi 2

  5. Reboot HP mu.
  6. Setelah di Reboot, silahkan buka folder Neon yang sudah kamu download tadi, cari folder Symbol, didalamnya terdapat Note yang isi nya adalah Logo-logo dan font yang bisa kamu masukan ke Logo operator. Tinggal Copy dan paste ke Logo operatornya.
  7. Jika kamu tidak tau cara mengganti Logo operatornya, silahkan Copy logo yang kamu inginkan dan kemudain buka pengaturan > Notifikasi dan Status bar > Aktifkan Show Carrier Name > Lalu tekan Edit Carrier name dan Paste Logo nya tadi disana 🙂 .
  8. Selesai

Itulah tadi Cara Menggunakan Font Unicode pada Xiaomi dan Mengganti Nama Operator Menjadi Logo Operator. Semoga bermanfaat ya 🙂 Jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar dibawah.

Kesimpulan

Untuk Logo operator lain, kamu bisa minta atau cari di group Xiaomi, atau juga ada Group Facebook yang namanya MiFans Font & Theme, disana ada banyak sekali Font dan logo yang bisa kamu gunakan.