Apa itu Root dan Kegunaannya Pada Android

On Tuesday, March 21st, 2017

Pernahkah kamu mendengar Root Android atau Rooting Android ? Sering kali kita menemukan orang orang membahas Cara Root android dan sebagainya. Seperti yang kita ketahui, popularitas Android saat ini benar benar melonjak naik. Pengguna Android yang sudah berpengalaman melakukan berbagai hal pada Android yang mereka miliki dengan tujuan untuk memaksimalkan kemampuan Android, dan sebagainya.

Apa itu Root Android dan kegunaannya

Apa itu Root Android dan kegunaannya

Kata root pada android juga mengacu pada Superuser yang merupakan Administrator dari Sistem operasi berbasis Linux. Akun Administrator memiliki akses penuh terhadap sistem Android.

Apa itu Root Android?

Root berasal dari Bahasa Inggris yang artinya adalah “Akar“. Root Android artinya adalah suatu proses untuk mengizinkan pengguna bisa agar bisa mengakses secara penuh perangkat Android atau Gadget Android lainnya. Sehingga pengguna bertindak sebagai Administrator dari sistem Android.

Secara default, Pengguna Android tidak diberikan akses Root Sebelum melakukan beberapa langkah atau tahapan. Dikarenakan, Root sendiri membuat pengguna bisa menambah, mengurangi, mengubah system Android. Oleh karena itu, Root hanya bisa diakses oleh orang yang berani untuk melakukan proses root.

Android merupakan Bagian dari Sistem Operasi Linux. Sehingga Root berlaku pada Sistem Operasi linux lainnya, seperti Ubuntu,Kali, dan sebagainya.

Fungsi atau Kegunaan Root Android

Rooting sistem Android memiliki banyak Fungsi dan kegunaan. Namun akan dibahas beberapa fungsi dan kegunaan nya saja :

  1. Mengakses Sistem Secara Penuh
    Seperti yang dibahas sebelumnya, Rooting Android membuat pengguna menjadi Administrator.  Sehingga, pengguna diberikan Akses sepenuhnya ke sistem dan bisa melakukan penambahan, pengurangan, serta pengubahan sistem.
  2. Menghapus Bloatware
    Bloatware adalah Aplikasi tambahan yang tidak digunakan atau bahkan tidak terlalu berfungsi, tetapi pengguna tidak diperbolehkan untuk menghapus aplikasi tersebut. Dengan Root, pengguna bisa menghapus bloatware tersebut. Sehingga bisa mengurangi beban pada sistem Android itu sendiri.
  3. Mengubah Tampilan Android
    Kebanyakan Android menggunakan tampilan yang sama atau itu itu saja. Dengan Root pengguna bisa mengubah Tampilan pada Android. Sehingga pengguna tidak bosan dengan smartphone android.
  4. Mengubah Kernel
    Setiap Smartphone Android menggunakan Kernel yang berbeda beda. Produsen Smartphone biasanya akan membagikan Source Code kernel Android yang diproduksi. Source code ini nantinya akan dimodifikasi oleh Fans dari berbagai belahan dunia.
  5. Menginstal Xposed
    Xposed merupakan Aplikasi yang mempermudah pengguna untuk melakukan pengubahan sistem Android dengan menggunkan Module yang dikembangkan oleh developer.
  6. Menggunakan Aplikasi Yang memiliki Syarat Root
    Beberapa aplikasi menarik mengharuskan kita untuk Ngeroot android terlebih dahulu. Seperti Screen recorder, Xposed,dll. Walaupun ada aplikasi Screen Recorder yang bisa digunakan pada Android yang belum di root. Tetapi Tidak memiliki fitur sebanyak Android yang sudah di root.

Masih banyak lagi fungsi serta kegunaan root pada sistem operasi Android. Tetapi 6 Fungsi dan keggunakan Root Android diatas merupakan hal yang paling banyak diincar oleh pengguna Android.

Kegunaan Root Android juga berbeda beda tiap orang. Karena Setiap Orang memiliki tujuan nya masing masing. Yang terpenting, root itu memberikan akses penuh kepada Pengguna nya. sehingga Setiap orang menggunakan akses tersebut untuk melakukan berbagai hal

Jika ada kelebihan, maka ada kekurangan juga. Jika pengguna melakukan Root , maka garansinya akan hilang ( beberapa produsen Android memperbolehkan root tanpa kehilangan garansi ). Dan Android akan menjadi lebih rentan terhadap malware.

Seberapa penting  Root itu

Penting atau tidak nya root pada sistem android tergantung dari pengguna. Jika pengguna memang membutuhkan root, maka root itu menjadi hal yang penting. Tetapi jika pengguna merasa sudah nyaman dengan Android nya yang sekarang, maka root itu adalah hal yang tidak penting.

Kesimpulan

Root Android memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan. Root dilakukan oleh orang berpengalaman, atau dibimbing oleh orang yang sudah pernah melakukan rooting. Silahkan lakukan Root jika memang membutuhkannya. Semua tergantung pada pengguna Android tersebut.