Apa itu ROM dan Custom ROM Android

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata kata ROM , Cusrom atau Custom ROM sebelumnya. Tapi apakah kamu tau arti dari ROM dan Custom ROM Tersebut? Kata kata ini sering dilontarkan oleh orang orang pengguna Android. Istilah ROM dan custom rom memang erat kaitannya dengan Android, lalu apa arti nya?

Apa itu ROM Pada Android

Apa itu ROM

Apa itu ROM

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya adalah Media penyimpanan untuk File sistem yang datanya tidak bisa diubah, di tambah. Hanya dapat dibaca dan bersifat permanen.

ROM Android yang sudah bawaan dari pabrik sering dimodifikasi oleh fans atau developer lain yang kemudian mereka Instal ke Android yang mereka gunakan dengan metode Flashing. ROM setiap Android berbeda beda beda tiap type Smartphone nya. Jadi tidak bisa asal di Instal. Tapi ada juga developer yang melakukan port ROM Android lain ke Android yang mereka gunakan. ROM asli bawaan pabrik juga disebut sebagai Stock ROM.

Tetapi, ada distributor Smartphone android nakal yang melakukan modifikasi pada Stock ROM Pabrikan android. Mereka memasukan Iklan, dan bloatware kedalamnya. Dan kemudian menjual Android tersebut itu kepada konsumen. Jadi berhati-hati lah ketika membeli sebuah Smartphone Android. Selalu pilih yang bergaransi Resmi jika kamu tidak ingin ribet nantinya.

Contoh ROM android : MIUI, ColorOS, dll

Apa itu Custom ROM pada Android

Custom ROM juga sama dengan ROM. Tidak ada perbedaan pada definisi pada keduanya. Perbedaan ROM dan Custom ROM adalah ROM dibuat dan dimodifikasi oleh developer asli. Sedangkan Custom ROM adalah ROM asli yang dimodifikasi oleh developer lain.

Tidak hanya ROM asli atau Stock ROM yang dimodifikasi saja. ROM lain yang di port oleh developer lain, yang kemudian di instal ke Android yang mereka gunakan juga disebut Custom ROM.Untuk menginstal Custom ROM dibutuhkan sedikit pengetahuan, dan melakukan beberapa tahapan.

Jadi, Custom ROM juga bisa disebut ROM yang digunakan Selain dari ROM asli atau Stock ROM.

Contoh Custom ROM : Cyanogenmod, Lineage, Resurrection Remix, Nitrogen, Xiaomi.eu, dll.

Kelebihan ROM Asli Android

Seperti yang dijelaskan diatas, Stock ROM dikembangkan oleh developer asli dari produsen smartphone yang kita gunakan. Sehingga ROM ini lebih terjamin aman. Dan tentunya akan mendapatkan update secara resmi dari developer Asli.

Kelebihan Custom ROM Android

Custom ROM yang dikembangkan oleh developer lain biasanya lebih mementingkan performa, hemat baterai, dll. Sehingga kita dapat memaksimalkan Smartphone android yang kita gunakan. Untuk update, kita harus menunggu update an dari developer tersebut. Dan bahkan ada kemungkinan Custom ROM tersebut tidak ada update karena beberapa developer tersebut melakukannya dengan suka rela.

Custom ROM biasanya juga memiliki banyak kustomisasi yang membuat kita tidak bosan dengan tampilan Smartphone android yang digunakan.

Kesimpulan

ROM dan Custom ROM sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita sebagai pengguna tinggal memilih mana yang cocok atau mana yang kita butuhkan. Tiap orang memiliki selera yang berbeda beda. Jika kamu sudah puas dengan ROM bawaan pabrik silahkan lanjutkan. Tapi jika kamu ingin mencoba hal yang baru, kamu bisa menginstal Custom ROM. Banyak hal yang bisa kita lakukan pada Smartphone android yang kita gunakan.

Itulah sedikit informasi tentang ROM dan Custom ROM pada Sistem Android. Jangan lupa share ke temen-temen nya ya. Supaya temennya juga tau apa itu ROM dan apa itu Custom ROM.